Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah Rantauprapat

Ritonga, Hariani (2019) Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah Rantauprapat. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
HARIANI RITONGA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pasien Umum Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah Rantauprapat. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 32 orang dengan pengumpulan data melalui kuesioner/angket dan dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linear berganda data diolah dengan menggunakan program SPSS versi 20.0. Hasil penelitian berdasarkan uji parsial menunjukkan bahwa variabel Kualitas Pelayanan tidak berpengaruh terhadap Kepuasan Pasien Umum Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah Rantauprapat, dan variabel Harga tidak berpengaruh Terhadap Kepuasan Pasien Umum Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah Rantauprapat serta variabel Fasilitas berpengaruh Terhadap Kepuasan Pasien Umum Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah Rantauprapat. Sedangkan hasil penelitian berdasarkan uji simultan menunjukkan bahwa antara variabel Kualitas Pelayanan, Harga dan Fasilitas berpengaruh terhadap Kepuasan Pasien Umum Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah Rantauprapat. Implikasi penelitian ini menunjukkan bahwa melalui pelayanan yang baik terhadap pasien maka akan dapat meningkatkan kepuasan para pasien sehingga memberi dampak terhadap kepuasan pasien. Harga yang telah ditetapkan oleh Rumah Sakit dapat dijangkau oleh daya beli pasien yang dapat meningkatkan kunjungan pasien. Fasilitas dapat diukur melalui manfaat atau dari apa yang telah disediakan oleh Rumah Sakit kepada pasien, apabila fasilitas yang disediakan oleh pihak Rumah Sakit memadai dan lengkap serta dapat memenuhi keinginan para pasien maka akan berdampak baik pula bagi perkembangan dan keberhasilan suatu Rumah Sakit.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Harga, Fasilitas, Kepuasan Pasien, Rantau Prapat
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 05 Aug 2019 03:23
Last Modified: 06 Aug 2019 08:49
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6231

Actions (login required)

View Item View Item