Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Strategi Role Playing Pada Mata Pelajaran IPS Materi Proklamasi Kemerdekaan Di Kelas V MIS Al-Khairiyah Stabat Kab. Langkat.

Nasution, Asroya Linda (2018) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Strategi Role Playing Pada Mata Pelajaran IPS Materi Proklamasi Kemerdekaan Di Kelas V MIS Al-Khairiyah Stabat Kab. Langkat. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Asroya Linda Nasution.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui strategi pembelajaran role playing dalam mengajar IPS. Subyek pada penelitian ini dilakukan adalah siswa-siswa kelas V MIS Hidayatullah Batang Kuis, dengan sampel sebanyak 18 orang siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pada tes awal terlihat bahwa tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal hanya mencapai 22,2% dengan jumlah siswa tuntas sebanyak 4 orang sedangkan jumlah siswa yang belum tuntas sebanyak 14 orang (77,8%). (2) pada tindakan siklus I yaitu dengan menerapkan strategi role playing diperoleh 10 orang yang tuntas (55,5%) dan siswa yang belum tuntas sebanyak 8 orang (44,5%). (3) Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas sebanyak 16 orang (88,9%) dan hanya 2 siswa yang belum tuntas (11,1%), dan (4) pembelajaran IPS dengan menerapkan strategi role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa-siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Swasta Hidayatullah Batang Kuis. Demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan menerapkan strategi role playing ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MIS Hidayatullah Batang Kuis.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Hasil Belajar Strategi Role Playing
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA
2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Triana Santi
Date Deposited: 30 Jul 2019 03:09
Last Modified: 30 Jul 2019 03:09
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6177

Actions (login required)

View Item View Item