Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Bilangan Berpangkat Dan Bentuk Akar Di Kelas X Man 1 Medan T.P. 2018/2019

Rafsanjani, Haidar Ali (2018) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Bilangan Berpangkat Dan Bentuk Akar Di Kelas X Man 1 Medan T.P. 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI HAIDAR ALI RAFSANJANI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (i) mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi bilangan berpangkat dan bentuk akar di kelas X MAN 1 Medan T.P.2018/2019, (ii) mengetahui besar persentase kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal bilangan berpangkat dan bentuk akar di kelas X MAN 1 Medan T.P. 2018/2019, (iii) mengetahui faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal bilangan berpangkat dan bentuk akar di kelas X MAN 1 Medan T.P. 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pendekatan kualitatif berlandaskan pada studi kasus. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X MIA-3 di MAN 1 Medan yang berjumlah 25 orang. Pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Model Miles dan Huberman yang terdiri atas tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan atau pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi bilangan berpangkat dan bentuk akar di kelas X MAN 1 Medan T.P. 2018/2019 terdiri atas tiga komponen yaitu kesalahan konsep, kesalahan prinsip, dan kesalahan skill, persentase kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal bilangan berpangkat dan bentuk akar di kelas X MAN 1 Medan T.P. 2018/2019 meliputi kesalahan konsep sebesar 40% (tergolong sedang), kesalahan prinsip sebesar 60% (tergolong tinggi) dan kesalahan skill sebesar 19% (tergolong rendah), faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika pada materi bilangan berpangkat dan bentuk akar di kelas X MAN 1 Medan T.P. 2018/2019 berasal dari faktor internal dan faktor eksternal.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 513 Arithmetic
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 02 Aug 2019 09:32
Last Modified: 02 Aug 2019 09:32
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6070

Actions (login required)

View Item View Item