Implementasi Manajemen Kurikulum Sistem Full Day School Di Smpit Al-Hijrah 2 Lau Dendang Kec. Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang 2016/2017

Khairiyah, Silmi (2017) Implementasi Manajemen Kurikulum Sistem Full Day School Di Smpit Al-Hijrah 2 Lau Dendang Kec. Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
PDF.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan dan Pengontrolan Kurikulum Sistem Full Day School pada SMP IT Al-Hijrah 2 Lau Dendang Kec. Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang Secara Metodologis Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mencari, menganalisis dan membuat interpretasi data dengan menggunakan pendekatan fenomenologi yang ditemukan melalui observasi/pengamatan langsung, wawancara dan studi dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan keabsahannya diperoleh dari 7 orang informan melalui standar keabsahan data berupa kepercayaan, keteralihan, ketergantungan, dan kepastian. Teknis analisis data menurut Miles dan Huberman yang dilakukan adalah dengan mereduksi, menyajikan dan membuat kesimpulan hasil penelitian temuan penelitian ini ada 4 yaitu 1). Perencanaan Kurikulum sistem full day school di SMP IT Al-Hijrah Lau Dendang mengacu pada standar Mutu Kekhasan Sekolah Islam Terpadu yang dirancang oleh JSIT Indonesia sesuai pedoman BSNP. Sekolah juga membuat Program Satuan Pembelajaran dan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai dengan SKL. Sekolah juga membuat program-program kerja berpedoman pada 7 SKL. 2). Pengoraganisasian kurikulum sistem Full Day School SMP IT Al-Hijrah Lau Dendang dengan pembagian tugas dari pegawai, para guru sesuai minat dan kompetisinya, mengorganisir pembinaan orang tua siswa, mengatur jadwal kegiatan pendukung. 3). Pelaksanaan sistem Full Day School dilakukan melalui kegiatan pembelajaran mulai dari pukul 07.00- 16.00 Ekskull mulai pukul 15.00- 16.15 dengan memberdayakan guru, orang tua, sarana prasarana yang ada di sekolah secara optimal . Pengalaman ajaran bernilai islam juga dilakukan guru, pegawai dan orang lain yang ada disekitar sekolah. 4). Pengawasan Kurikulum sistem Full Day School SMP IT AL-Hijrah dilakukan oleh kepala sekolah sesuai perannya. Begitu pula para wakilnya sesuai fungsinya masing-masing yang dibutuhkan oleh para guru dan orang tua untuk menyempurnakan pengawasan terhadap proses pembelajaran di sekolah dan dirumah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum, Manajemen , Pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 20 Jun 2019 04:13
Last Modified: 20 Jun 2019 04:13
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/5831

Actions (login required)

View Item View Item