Teknik Komunikasi Dalam Buku Speak To Change Karya Jamil Azzaini

Fatimah, Fatimah (2018) Teknik Komunikasi Dalam Buku Speak To Change Karya Jamil Azzaini. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Meddan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FIX.pdf

Download (897kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Teknik Komunikasi Dalam Buku Speak To Change Karya Jamil Azzaini, serta mencari tahu sesuai dengan tujuan penelitian yaitu teknik-teknik dalam komunikasi persuasif. Jenis penelitian yang dilakukan menggunakan studi pustaka dengan metode deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh paragraf dalam buku Speak To Change karya Jamil Azzaini. Sampel dalam penelitian ini dengan purposive sampling, Yaitu peneliti memilih paragraf-paragraf yang mengandung teknik-teknik persuasif. Sumber data primer dari buku Speak To Change karya Jamil Azzaini dan data sekunder yaitu sumber buku tambahan terkait penelitian. Unit penelitian analisis terkait teknik-teknik komunikasi persuasif seperti teknik asosiasi, teknik integrasi, teknik ganjaran, teknik tataan, dan teknik red-herring. Teknik pengumpulan data dengan blanko koding. Teknik analisis data dengan cara sebagai berikut: (1) Mengumpulkan data-data yang diambil dari buku “Speak To Change” Karya Jamil Azzaini. (2) Melakukan tahapan koding dengan mengkategorikan data berdasarkan teknik komunikasi persuasif. (3) Menganalisis sesuai dengan teknik-teknik yang ada di dalam konsep teknik komunikasi persuasif. (4) Menghitung frekuensi teknik-teknik komunikasi persuasif di setiap babnya dan (5) membuat kesimpulan. Buku speak to change karya Jamil Azzaini dari 1.019 paragraf isi dalam buku, peneliti menemukan banyaknya 156 paragraf yang mengandung teknik komunikasi persuasif. Dibuktikan dengan adanya teknik asosiasi sebanyak 62 paragraf dengan persentase 39,7%, kemudian teknik integrasi sebanyak 20 paragraf dengan persentase 12,8%, kemudian teknik ganjaran sebanyak 63 paragraf dengan persentase 40,4%, kemudian teknik tataan sebanyak 11 paragraf dengan persentase 7,1%. Maka buku hasil terbitan PT Gramedia Pustaka Utama Jakarta pada cetakan kedua, Mei 2016 memang benar adanya teknik komunikasi persuasif dengan persentase 15.3% dari isi buku, dengan paragraf terbanyaknya terkait teknik ganjaran dengan persentase 40,4%.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 25 Feb 2019 06:09
Last Modified: 18 Jun 2019 07:53
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/5301

Actions (login required)

View Item View Item