Analisis Kualitas Pelayanan Berbasis Prinsip Syariah Pada PT. BPRS Puduarta Insani Tembung

Yuhanna, Yuhanna (2018) Analisis Kualitas Pelayanan Berbasis Prinsip Syariah Pada PT. BPRS Puduarta Insani Tembung. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Meddan.

[img]
Preview
Text
YUHANNA. PDF.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perhatian terhadap kepuasan pelanggan semakin besar dan ditingkatkan lagi oleh masing-masing perusahaan. Berdasarkan hal tersebut penulis merumuskan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana kualitas pelayanan berbasis prinsip syariah pada PT. BPRS Puduarta Insani Tembung, dan bagaimana peningkatan kualitas pelayanan berbasis prinsip syariah pada PT. BPRS Puduarta Insani Tembung. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan berbasis prinsip syariah pada BPRS Puduarta Insani Tembung, dan untuk mengetahui peningkatan kualitas pelayanan berbasis prinsip syariah pada BPRS Puduarta Insani Tembung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah nasabah BPRS Puduarta yang berjumlah 5 (lima) orang, dengan 3 (Tiga) orang informan dari pihak PT. BPRS Puduarta Insani Tembung yaitu Pimpinan PT. BPRS Puduarta Insani dan bagian frontliner (customer service dan teller). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dimensi yang menentukan kualitas pelayanan pada perbankan syariah ada 6 (Enam) komponen. Dimensi kualitas pelayanan yaitu Kepatuhan Pada Syariat Islam (Sharia Compliance), Jaminan (Assurance) yang diberikan kepada nasabah, Ketanggapan (Responsiveness), Bukti Fisik (Tangibles), Empaty (Emphaty), dan Kehandalan (Reability). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dari PT. BPRS Puduarta Insani sudah memuaskan bagi nasabah, dilihat dari hasil wawancara dan pernyataan nasabahnya. PT. BPRS Puduarta Insani sudah beroperasi sesuai dengan syariat Islam. PT. BPRS Pudurta Insani tidak menggunakan sistem bunga namun menggunakan sistem bagi hasil. Ketanggapan, empaty dan kehandalan dari karyawan PT. BPRS Pudurta Insani juga baik. Karyawan PT. BPRS Puduarta Insani cepat dan handal saat memberikan bantuan dan solusi kepada nasabah dalam bertransaksi. Peningkatan kualitas pelayanan pada PT. BPRS Puduarta Insani yaitu mengikuti Fatwa MUI berdasarkan syariat Islam, memberikan layanan LPS kepada nasabah, mengutamakan kepentingan nasabah sehingga nasabah terus loyal pada PT. BPRS Puduarta Insani, dan memberikan pelayanan yang sesuai dengan yang dijanjikan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.27 Bank
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 25 Jan 2019 09:50
Last Modified: 24 Jun 2019 04:33
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/5182

Actions (login required)

View Item View Item