Pengaruh Konseling Kelompok Model Konseling Realitas Terhadap Minat Belajar Siswa MTsN 3 Medan Tahun Pelajaran 2017/2018

Kartika, Kartika (2018) Pengaruh Konseling Kelompok Model Konseling Realitas Terhadap Minat Belajar Siswa MTsN 3 Medan Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Meddan.

[img]
Preview
Text
Skripsi Kartika (33141015).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX MTsN 3 Medan yang berjumlah 229 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IX-4 berjumlah 8 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas IX-5 berjumlah 8 siswa sebagai kelompok kontrol. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan : terdapat pengaruh konseling kelompok model konseling realitas terhadap minat belajar siswa MTsN 3 Medan. Hal ini berdasarkan perhitungan: (1) Skor minat belajar kelompok eksperimen yang diberikan layanan konseling kelompok model konseling realitas memperoleh 500 dan rata-rata 62,5 sedangkan kelompok kontrol yang tidak diberikan layanan konseling kelompok model konseling realitas memperoleh 386 dan rata-rata 48,25 (2) Statistika uji-t diperoleh angka sebesar 3,453 sedangkan t-tabel sebesar 2,145. Dengan demikian berarti ada pengaruh yang positif antara konseling kelompok model konseling realitas terhadap minat belajar siswa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 25 Jan 2019 09:50
Last Modified: 26 Jun 2019 00:25
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/5178

Actions (login required)

View Item View Item