Ridwan, Ahmad (2014) Karakteristik Pendidik Dan Anak Didik Menurut Pandangan Muhammad Athiyah Al-Abrasy. Masters thesis, Pascasarjana IAIN-SU.
|
Text
CAVER.pdf Download (19kB) | Preview |
|
|
Text
CAVER.pdf Download (19kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (417kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (653kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (621kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (168kB) | Preview |
Abstract
Muhammad Athiyah al-Abrasy seorang tokoh pendidikan yang hidup pada masa pemerintahan Abd. Nasser yang memerintah Mesir pada Tahun 1954-1970 M. Beliau adalah seorang sarjana yang lama berkecimpung dalam dunia pendidikan di Mesir yang merupakan pusat ilmu pengetahuan Islam, beliau dilahirkan pada awal April tahun 1897 dan wafat pada Tanggal 17 Juli 1981. Dalam pandangan Muhammad Athiyah al-Abrasy terkikisnya wibawa seorang guru disebabkan kurangnya perhatian seorang pendidik terhadap karakteristik yang harus dimilikinya, sehingga mengakibatkan hilangnya rasa hormat anak didik dan masyarakat terhadap seorang pendidik (Guru). Oleh karenanya, masalah yang dititik beratkan dalam Tesis ini adalah bagaimana pandangan Muhammad Athiyah al-Abarasy terhadap karakteristik pendidik dan anak didik ? Dalam penelitian ini, menggunakan metode deskriftif yaitu, malakukan inventarisasi pemikiran Muhammad Athiyah al-Abrasy tentang pokok permasalahan yang akan dibahas. Pada tahap pengumpulan data akan ditempuh dengan studi kepustakaan (Library Research), selanjutnya analisis data yang dilakukan berupa analisis isi (Content Analysis). Berdasarkan data analisa yang dilakukan terhadap pemikiran Muhammad Athiyah al-Abrasy, Studi ini menyimpulkan bahwa seorang pendidik harus memiliki sifat zuhud, bersih dan suci, ikhlas dalam melaksanakan tugas, pemaaf, menjadi seorang ayah sebelum menjadi pendidik, mengetahui tabiat anak didik, menguasai materi. Sedangkan Karakteristik anak didik menurut Muhammad Athiyah al-Abrasy adalah: bersih hati, suci fikiran dari noda dan dosa, selalu mendekatkan diri kepada Allah Swt. memiliki keberanian, konsisten, teguh pendirian, menyenangkan hati, Jujur dalam perkataan dan perbuatan, tidak merepotkan orang lain, bersungguh-sungguh, Bertanggung jawab, Mencintai sesama teman, Mempunyai tekad untuk belajar hingga akhir umur. Pemikiran Muhammad Athiyah al-Abrasy ini masih sangat relevan dengan konsep pendidikan masa sekarang. Melihat kepada terkikisnya wibawa seorang pendidik dihadapan anak didik dan masyarakat.
Jenis Item: | Skripsi (Masters) |
---|---|
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master |
Pengguna yang mendeposit: | Mr. Imran Benawi |
Date Deposited: | 23 Apr 2016 03:46 |
Last Modified: | 23 Apr 2016 03:46 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/470 |
Actions (login required)
View Item |