PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DAN MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs AL-WASLIYAH KOLAM MEDAN

Lubis, Puteri Akila Laina (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DAN MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs AL-WASLIYAH KOLAM MEDAN. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Image (Sampul)
COVER PL 1.pdf - Accepted Version

Download (913kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
ABSTRAK PL.pdf - Accepted Version

Download (726kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I PL 1.pdf - Accepted Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
BAB II PL 1.pdf - Accepted Version

Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
BAB III PL 1.pdf - Accepted Version

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV PL 1.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V PL 1.pdf - Accepted Version

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA PL 1.pdf - Accepted Version

Download (166kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan Make A Match terhadap kemampuan pemecahaan masalah matematika siswa kelas VII MTS Al-Wasliyah Kolam Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa Kelas VII MTS Al-Wasliyah Kolam Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Digunakan 2 kelas sebagai sampel, yakni kelas VII B sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VII D sebagai kelas eksperimen 2. Analisis data dilakukan dengan uji t dan analisis deskriptif. Dari hasil uji regresi linear sederhana diperoleh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) memberi pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan nilai Fhitung > Ftabel yaitu, 274,5326 > 4,15 dan model pembelajaran kooperatif Make A match memberi pengaruh terhadap kemampuan pemecahaan masalah matematika siswa dengan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 585,2415 > 4,15. Pada uji hipotesis dengan menggunakan uji t dengan taraf nyata α = 0,05 diperoleh harga thitung = 3,108, dan ttabel= 1,996, dengan demikian diperoleh harga thitung>tbael atau 3,108 > 1,996, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. dari data diatas dapat disimpulkan penelitian ini menjelaskan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan Make A Match terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII MTS Al-Wasliyah Kolam Medan Tahun Ajaran 2017/2018.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share, Model pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match, kemampuan pemecahan masalah matematika
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 511 General principles
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Pengguna yang mendeposit: utari surya kartika
Date Deposited: 10 Dec 2018 13:50
Last Modified: 10 Dec 2018 13:50
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/4648

Actions (login required)

View Item View Item