Pengaruh model pembelajaran problem based learning (pbl) terhadap hasil belajar materi ips peserta didik kelas iv mis Madinatussalam desa Sei Rotan kecamatan Percut Sei Tuan kabupaten Deli Serdang t.a 2017/2018

Simbolon, Anna K.Y (2018) Pengaruh model pembelajaran problem based learning (pbl) terhadap hasil belajar materi ips peserta didik kelas iv mis Madinatussalam desa Sei Rotan kecamatan Percut Sei Tuan kabupaten Deli Serdang t.a 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
jilid ana ky simbolon.pdf - Submitted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) penggunaan model pembelajaran Problem based Learning (PBL) pada mata pelajaran IPS, 2) hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS, 3) pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Experiment(eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang terdiri dari 4 kelas berjumlah 162 siswa. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik sampel total atau Total Sampling yaitu sampel adalah keseluruhan jumlah populasi. Satu kelas digunakan sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pembelajaran IPS yaitu kelas IVA yang berjumlah 28 siswa, dan satu kelas lagi sebagai kelas kontrol dengan menggunakan media buku paket pembelajaran IPS yaitu kelas IVB yang berjumlah 27 siswa. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes pilihan berganda berupa pre test dan post test sebanyak 20 soal yang telah validkan ke dosen ahli dan siswa. Analisis data yang digunakan yaitu t-test. Temuan penelitian ini sebagai berikut : 1) hasil belajar IPS siswa dilihat dari rata-rata nilai tes akhir (post tes)pada kelas eksperimen (IVA) dengan menggunakan model Problem based Learning (PBL) IPS diperoleh rata-rata post test 89,29 sedangkan kelas kontrol (IVB) dengan menggunakan media buku paket pembelajaran IPS diperoleh rata-rata post test 75,93. Berdasarkan hasil rata-rata post test bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem based Learning (PBL) memiliki hasil belajar yang lebih baik, 3) Berdasarkan uji statistik t pada data post test bahwa diperoleh media komik berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil perhitungan uji tydiperolehthitung > ttabel yaitu 5,953 > 2,006 (n=28) dengan taraf signifikan 0,05 atau 5% yang menyatakan terima Ha dan tolak H0. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV MIS Madinatussalam Desa Sei Rotan Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Fauzi Ep
Date Deposited: 04 Dec 2018 00:45
Last Modified: 22 Jul 2019 06:56
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/4507

Actions (login required)

View Item View Item