Pengaruh metode inkuiri terhadap hasil belajar materi energi panas dan energi bunyi di kelas IV MIS T.I AL – Musthafawiyah kota Medan tahun pelajaran 2017/ 2018

Tarigan, Nurhayati Br (2018) Pengaruh metode inkuiri terhadap hasil belajar materi energi panas dan energi bunyi di kelas IV MIS T.I AL – Musthafawiyah kota Medan tahun pelajaran 2017/ 2018. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NURHAYATI BR. TARIGAN.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Metode Inkuiry dan pembelajaran Konvensional terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV Mis Ti Al-Musthafawiyah serta mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran Inkuiry dan pembelajaran Konvensional pada materi Energi Panas dan Energi Bunyi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas IV Mis Ti Al-Musthafawiyah yang berjumlah 50 siswa. Instrument pengumpulan data menggunakan tes, yaitu Pre Tes (Tes Awal) dan Post Tes (Tes Hasil Belajar). Teknik Analisis data dilakukan dengan Analisis Varian (ANAVA). Temuan penelitian ini membuktikan bahwa 1) Terdapat pengaruh Metode Inkuiry terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV MIS Ti Al-Musthafawiyah Kota Medan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan Metode Inkuiry memperoleh rata-rata kelas siswa yaitu 1,825) Terdapat pengaruh Pembelajaran Konvensional terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV MIS Ti Al-Musthafawiyah dengan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran Konvensional memperoleh rata-rata kelas siswa yaitu 1,730) Terdapat perbedaan hasil belajar yang diajar dengan pembelajaran Inkuiry dengan yang diajar dengan pembelajaran Konvensional dimana hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran Inkuiry lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran Konvensional.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Metode Inkuiry dan Pembelajaran Konvensional
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 15 Nov 2018 06:34
Last Modified: 08 Aug 2019 02:03
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/4496

Actions (login required)

View Item View Item