Hartini, Venti (2018) Efektivitas strategi pembelajaran ekspositori dan inkuiri pada pembelajaran Matematika di SMP Swasta Al-Washliyah 05 Hamparan PERAK TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatea Utara Medan.
|
Text
SkripsiVenty.pdf.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui efektivitas strategi pembelajaran ekspositori pada pembelajaran matematika, 2) untuk mengetahui efektivitas strategi pembelajaran inkuiri pada pembelajaran matematika, dan 3) untuk mengetahui strategi pembelajaran manakah yang lebih efektif jika dibandingkan antara strategi pembelajaran ekspositori dan inkuiri pada pembelajaran matematika di SMP Swasta Al-Washliyah 05 Hamparan Perak Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah guru matematika dan seluruh siswa kelas VIII di SMP Swasta Al-Washliyah 05 Hamparan Perak yang berjumlah 64 orang. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga pengamatan langsung yakni 1) Observasi, 2) Wawancara, dan 3) Dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi Reduksi data, Penyajian data, dan Kesimpulan/Verifikasi. Kesimpulan penelitian ini menjelaskan bahwa 1) Pelaksanaan strategi pembelajaran ekspositori, sudah sesuai dengan RPP namun keterlaksanaannya belum sesuai dengan aspek-aspek penilaian efektivitas pembelajaran karena hanya memenuhi 62,5% saja dari seluruh aspek penilaian efektivitas pembelajaran sehingga strategi pembelajaran ekspositori tergolong cukup efektif dalam pembelajaran matematika. 2) Pelaksanaan strategi pembelajaran inkuiri, hampir memenuhi seluruh aspek penilaian efektivitas pembelajaran sebanyak 87,5% sehingga strategi pembelajaran inkuiri tergolong sangat efektif pada pembelajaran matematika. 3) Pelaksanaan strategi pembelajaran inkuiri lebih efektif jika dibandingkan dengan strategi pembelajaran ekspositori pada pembelajaran matematika karena terdapat perbedaan yang signifkan diantara kedua strategi tersebut. Strategi pembelajaran ekspositori hanya memenuhi 62,5% saja dari seluruh aspek penilaian efektivitas pembelajaran sehingga strategi pembelajaran ekspositori tergolong cukup efektif dalam pembelajaran matematika sedangkan strategi pembelajaran inkuiri hampir memenuhi seluruh aspek penilaian efektivitas pembelajaran sebanyak 87,5% sehingga strategi pembelajaran inkuiri tergolong sangat efektif pada pembelajaran matematika di kelas VIII SMP Swasta Al-Washliyah 05 Hamparan Perak Tahun Pelajaran 2017/2018.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas Pembelajaran, Strategi Pembelajaran Ekspositori, dan Strategi Pembelajaran Inkuiri |
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs. Misdar Piliang |
Date Deposited: | 06 Nov 2018 07:41 |
Last Modified: | 06 Nov 2018 07:41 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/4462 |
Actions (login required)
View Item |