Upaya Guru BK Dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Di MAL UIN SU

Neylica, Willi (2018) Upaya Guru BK Dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Di MAL UIN SU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatea Utara Medan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Komunikasi interpersonal merupakan masalah yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari untuk setiap individu manusia, khususnya untuk para individu pada masa penyesuaian atau peralihan. Seperti halnya pada peserta didik yang baru saja mengalami masa peralihan dari sekolah dasar ke sekolah menengah pertama, yang akan mengalami penyesuain diri dengan teman, guru, dan peraturan di sekolah yang baru. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang pelaksanaan layanan bimbingan kelompok, komunikasi interpersonal siswa, pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan komunikasi interpersonal siswa di MAL UIN SU Medan. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah guru pembimbing dan siswa MAL UIN SU Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu penelitian yang berupaya untuk menemukan fakta-fakta dan mengurangi hasil temuan penelitian. Hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa pelaksanaan layanan bimbingan kelompok di MAL UIN SU Medan dilakukan diluar jam pelajaran dan terlaksana di ruangan bimbingan dan konseling, dengan arti siswa melaksanakan layanan bimbingan kelompok pada waktu luar jam pelajaran agar tidak terganggu aktivitas belajar siswa di kelas. Hal ini dilakukan karena tidak adanya jam untuk bimbingan dan konseling tersebut. Komunikasi interpersonal siswa di MAL UIN SU Medan secara keseluruhan sudah cukup baik. Hal itu dibuktikan dengan siswa yang memiliki komunikasi yang baik sesame teman dan guru. Dan pihak sekolah terutama guru pembimbing terus berusaha untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswanya. Pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan komunikasi interpersonal siswa sudah terlaksana dengan baik. Arti pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan komunikasi interpersonal siswa. Setelah diberikannya layanan bimbingan kelompok kepada siswa, siswa semakin antusius berlaku baik dengan sesame teman sebaya dan melakukan komunikasi yang baik terhadap guru ketika berada di dalam kelas.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 06 Sep 2018 08:33
Last Modified: 26 Jun 2019 00:36
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/4202

Actions (login required)

View Item View Item