Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di SMP Negeri 23 Medan

Devi, Reynita Chintia (2018) Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di SMP Negeri 23 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatea Utara Medan.

[img]
Preview
Text
SKRIP PDF REYNITA CHINTIA DEVI.docx.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pengadaan, penggunaan, pemeliharaan, pengawasan sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMP Negeri 23 Medan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Adapun pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan naturalistic dimana sumber data yang diperoleh berdasarkan situasi yang wajar sebagaimana adanya. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi lapangan dan studi dokumentasi. Ada empat informan yaitu kepala sekolah, wakil bidang sarana dan prasarana, wakil bidang kurikulum, guru. Data dianalisis melalui model Milles dan Huberman reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk keabsahan data penelitian digunakan Kredibilitas, keteralihan, ketergantungan, dan kepastian. Temuan penelitian ini menunjukan tentang pengelolaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMP Negeri 23 Medan. Kegiatan manajemen tersebut dilakukan melalui 5 tahap, yaitu 1) Perencanaan sarana dan prasarana berdasarkan analisis kebutuhan serta usulan dari pihak guru atau staf yang lain dan penentuan skala prioritas sesuai ketersediaan dana dan tingkat kepentingan sarana dan prasarana. 2) Pengadaan sarana dan prasarana yaitu dengan cara membeli dengan dana atau anggaran yang sudah ditetapkan. 3) Penggunaan sarana dan prasarana memiliki aturan dan jadwal dalam penggunaan sarana dan prasarana yang tersedia. 4) Pemeliharaan sarana dan prasarana dilakukan oleh semua warga sekolah baik petugas khusus, kepala sekolah, guru, dan murid-murid yang lain bertanggung jawab untuk memelihara dan menjaga sarana dan prasarana yang tersedia. 5) Pengawasan sarana dan prasarana ditanggungjawabi oleh kepala bidang sarana dan prasarana. Pengawasan dilakukan agar mengetahui keadaan sarana dan prasarana apakah masih layak digunakan atau tidak. Penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dalam meningkatkan mutu pembelajaran maka perlu manajemen sarana dan prasarana yang baik dalam perencanaan, pengadaan, penggunaan, pemeliharaan serta pengawasan sarana dan prasarana.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.6 Gedung dan bangunan sekolah, fasilitas fisik pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 29 Aug 2018 07:07
Last Modified: 29 Aug 2018 07:07
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/4066

Actions (login required)

View Item View Item