Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Membangun Kontrol Emosi Siswa Melalui Layanan Penguasaan Konten Di Man 3 Medan Tahun Ajaran 2017/2018

Amini, Uswah (2018) Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Membangun Kontrol Emosi Siswa Melalui Layanan Penguasaan Konten Di Man 3 Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatea Utara Medan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI USWAH AMINI BKI FITK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Membangun Kontrol Emosi Siswa Melalui Layanan Penguasaan Konten di MAN 3 Medan. Kontrol emosi merupakan hal yang penting bagi setiap individu, agar mampu mengendalikan emosinya di saat mereka sedang menghadapi suatu masalah. Kemampuan kontrol emosi siswa sangat diperlukan, agar mereka dapat menghadapi situasi-situasi sulit yang dijalaninya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran kontrol emosi siswa sebelum dan sesudah diberi layanan penguasaan konten pada siswa kelas X IIS 2 MAN 3 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa/siswi kelas X MAN 3 Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 80 orang siswa yang dibagi kedua kelas, yaitu kelas kontrol 39 orang dan kelas kontrol 41 orang. Metode pengumpulan data menggunakan angket kontrol emosi. Validitas instrumen menggunakan rumus product moment dihitung dengan taraf signifikasi 5% (rtabel=0,320). Perhitungan reliabilitas menggunakan rumus alpha dan menunjukkan angka 0,856. Sehingga dapat dinyatakan bahwa angket yang digunakan adalah valid dan reliabel. Teknik analisis data adalah dengan menggunakan Uji Normalitas Kolmoglorov Smirnov, Uji Homgenitas, serta pengujian hipotesis dengan menggunakan Teknik Uji-t Separated Varians. Hasil yang diperoleh peneliti sebelum diberi layanan penguasaan konten, mean pre-test kelas eksperimen sebesar 87,78% kelas kontrol sebesar 82,20%, sedangkan sesudah diberikan layanan penguasaan konnten tingkat kemampuam kontrol emosi siswa meningkat sebesar 13,67% dan 2,9%, dimana mean post-test adalah sebesar 101,536% dan 85,10%. Dari hasil Uji-t diperoleh thitung sebesar 2,6255 > ttabel 1,6646,berdasarkan hasil uji-t tersebut dapat disimpulkan bahwa layananan penguasaan konten di kelas X IIS 2 MAN 3 Medan dapat meningkatkan kemampuan kontrol emosi siswa daripada sebelum mendapatkan layanan penguasaan konten. Sehingga pemberian layanan penguasaan konten dapat diterapkan sebagai salah satu alternatif untuk mengembangkan berbagai kompetensi kepribadian yang ada dalam diri individu termasuk meningkatkann kemampuan kontrol emosi siswa

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 29 Aug 2018 07:07
Last Modified: 25 Jun 2019 16:11
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/4064

Actions (login required)

View Item View Item