Pengaruh pengintegrasian ips-bahasa Indonesia terhadap hasil belajar siswa kelas v SD Islam Al-Huda Kec. Medan Marelan

Harahap, Khalida Zalia (2018) Pengaruh pengintegrasian ips-bahasa Indonesia terhadap hasil belajar siswa kelas v SD Islam Al-Huda Kec. Medan Marelan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Zia.pdf - Submitted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui pengaruh pengintegrasian IPS-Bahasa Indonesia terhadap hasil belajar di kelas V SD Islarn Al-Huda Kec. Medan Marelan. 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS-Bahasa Indonesia di kelas V SD Islam Al-Huda Kec. Medan Mmelan. 3) Untuk pengaruh yang signifikan aotara pengaruh pengintegrasian IPS-Bahasa Indonesia terhadap hasil belajar di kelas V SD Islam Al-Huda Kec. Medan Marelan. "Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Eksperimen Poprrlasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD trslam AI-Huda yang terdiri dari 2 kelas. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajm siswa adalah tes essay (qraian) berupa post-test yang terlebih dahulu telah diuji validitasnya. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan dengan metode Pengintegrasian lebih ti.ggr dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran konvensional. Hasil belajar IPS-Bahasa Indonesia di kelas Eksperimen (VA) strategi pembelajaran pengintegrasian ratarata post test yaitu 83,43, hasil belajar Bahasa Indonesia di kelas kontrol (VB) dengan model konvensional diperoleh rata-rata post test 62. Sedangkan hasil belajar IPS di kelas kontrol (YB) deagan model konvensional diperoleh rata-rata post test 69,29. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh yaitu 5, 896 > L,671 peda taraf signifikansi a : 0,05. Hal ini berarti hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima dan dinyatakan bahwa terdapat pengaruh pengintegrasian IPSBahasa lndonesia terhadap hasil belajar siswa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Fauzi Ep
Date Deposited: 21 Aug 2018 06:52
Last Modified: 19 Jul 2019 03:25
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/3985

Actions (login required)

View Item View Item