Wiranti, Dian (2015) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam melalui strategi index card match kelas vii mts al-washliyah Tebing Tinggi 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
DIAN WIRANTI.pdf - Submitted Version Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tujuan peneliti ini adalah untuk mengetahui : 1) Peningkatan hasil belajar siswa dalam memahami hijrah nabi muhammad ke madinah sebelum diterpkan strategi Index Card Match 2) Penerapan strategi belajar Index Card Match pada pelajaran SKI materi hijrah nabi muhammad ke madinah di MTs Al Washliyah Tebing Tinggi 3) Peningkatan hasil belajar siswa dalam memahami hijrah nabi muhammad Saw ke madinah setelah diterapkan strategi Index Card Match. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus yaitu Siklus I dengan dua kali pertemuan dan Siklus II dengan dua kali pertemuan. Penelitian ini menggunakan tes bentuk pilihan ganda pada materi Hijrah Nabi Muhammad Saw Ke Madinah. Tes ini dilakukan sebanyak tiga kali yaitu, tes awal (pre test),Tes Hasil Belajar I (post test) dan Tes Hasil Belajar II (post test). Ada tiga temuan dalam penelitian ini, yaitu : 1) hasil temuan pra tindakan, sebelum diterapkan startegi Index Card Match masih sangat rendah karena dari 29 siswa yang mengikuti pre test, hanya 3 orang yang tuntas. Proses pelaksanaan strategi Index Card Match pada materi Hijrah Nabi Muhammad Saw Ke Madinah, pada tahap pra tindakan guru memperhatikan kesulitan-kesulitan yang dialami oleh siswa. 2) hasil temuan siklus I guru sudah menerapkan strategi Index Card Match. Hasil belajar SKI siswa setelah diterapkan strategi Index Card Match pada siklus I masih tergolong rendah. Dari hasil tes yang diperoleh pada siklus I, siswa yang memiliki kriteria tinggi berjumlah 4 orang (13,8%), yang memiliki kriteria cukup sebanyak 10 orang (34,5%) dan yang memenuhi kriteria sangat rendah sebanyak 15 orang (51,7%). Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa belum mencapai ketuntasan . sehingga perlu dilakukan kembali perbaikan pembelajaran pada siklus II. 3) hasil temuan siklus II siswa mengalami peningkatan, pada siklus II dengan menerapkan strategi Index Card Match dan memperbanyak latihan, dapat dilihat bahwa ketuntasan hasil belajar siswa tercapai. Dapat dilihat dari siswa yang tuntas belajar berjumlah 21 orang (72,4%) dan yang tidak tuntas belajar adalah 8 orang (27,5%) dari 29 orang. Sehingga tidak perlu dilakukan perbaikan pembelajaran pada siklus berikutnya.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mr Fauzi Ep |
Date Deposited: | 04 Jun 2018 02:38 |
Last Modified: | 09 Jul 2019 08:23 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/3602 |
Actions (login required)
View Item |