Pohan, Nurbiah (2017) Pelaksanaan proses belajar melalui bimbingan aspek afektif, kognitif dan psikomotorik siswa di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Amal Shaleh Medan. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
TESIS NURBIAH POHAN.pdf - Submitted Version Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pelaksanaan Proses Belajar Melalui Bimbingan Aspek Afektif, Kognitif dan Psikomotorik Siswa di MIS Amal Shaleh Medan. Dalam pelaksanaannya bertujuan untuk mengetahui perencanaan proses belajar melalui bimbingan aspek afektif, kognitif dan psikomotorik siswa yang dilakukan, cara pembimbingan aspek afektif, kognitif dan psikomotorik siswa yang dilakukan guru akidah akhlak, faktor pendukung dan penghambat proses belajar melalui bimbingan aspek afektif, kognitif dan psikomotorik siswa. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan metode teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumen, sumber data, analisa data dan pencermatan keabsahan data yang mengacu pada penelitian kualitatif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: Pelaksanaan proses belajar melalui bimbingan aspek kognitif siswa di MIS Amal Shaleh Medan dilaksanakan dengan cara: klasikal dalam mengajar, memberikan motivasi kepada siswa sebelum mulai pembelajaran, menyampaikan materi dengan memakai metode ceramah dan tanya jawab, memakai bahan pengajaran dari buku pelajaran dan LKS, memberikan tugas (evaluasi) kepada siswa; untuk aspek afektif cara yang digunakan adalah langsung menegur dan menasehati siswa yang berbuat salah dan memakai metode teladan; sedangkan untuk aspek psikomotorik memakai metode demonstrasi dan tidak melakukan bimbingan belajar setiap belajar, hanya saja disesuaikan dengan materi, misalnya asmaul husna. Bimbingan aspek psikomotorik juga dilakukan ketika hendak mengadakan acara dan program salat dhuha. Faktor pendukung dalam proses belajar melalui bimbingan aspek afektif, kognitif dan psikomotorik di MIS Amal Shaleh Medan adalah gedung sekolah (sarana prasarana) yang lengkap, media pembelajaran dan sarana prasarana pengelolaan kelas yang cukup memadai. Sedangkan faktor penghambatnya berkaitan dengan; motivasi belajar siswa, perhatian siswa terhadap pelajaran, keluarga, ekonomi, kelengkapan alat-alat belajar dan guru.
Jenis Item: | Skripsi (Masters) |
---|---|
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master |
Pengguna yang mendeposit: | Mr Fauzi Ep |
Date Deposited: | 26 Feb 2018 06:53 |
Last Modified: | 26 Feb 2018 06:53 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/3457 |
Actions (login required)
View Item |