Hasibuan, Alimuddin (2017) Metode bimbingan agama dalam meningkatkan perkembangan emosi anak di panti asuhan Putra Muhammadiyah cabang Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
Skripsi Ali Muddin Hasibuan.pdf - Submitted Version Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan: Pertama, untuk mengetahui metode yang digunakan dalam meningkatkan perkembangan emosi anak di Panti Asuhan Putra Muhammadiyah Cabang Medan. Kedua, untuk mengetahui bimbingan yang diberikan kepada anak asuh Panti Asuhan. Ketiga, untuk mengetahui hambatan yang dialami pembimbing dalam membimbing anak asuh di Panti Asuhan Putra Muhammadiyah Cabang Medan. Maka data yang digunakan adalah kualitatif. Sedangkan pendekatannya menggunakan pendekatan psikologis. Hasil penelitian bahwa Panti Asuhan Putra Muhammadiyah Cabang Medan merupakan tempat penampungan anak yatim piatu, anak yang kurang mampu, anak terlantar yang sebagian besar adalah mereka yang tidak mempunyai salah satu dari orang tuanya (yatim) yang rata-rata berusia 12 tahun sampai 18 tahun. Dalam menyelenggarakan pelayanan kesejahteraan sosial, Panti Asuhan Putra Muhammadiyah Cabang Medan dimaksudkan untuk membantu anak yatim piatu , anak yang kurang mampu (fakir miskin), anak terlantar. Untuk dapat kembali dapat mengembalikan kepercayaan dirinya dan dapat mengontrol perkembangan emosinya. Metode Pelaksanaan bimbingan agama di Panti Asuhan Putra Muhammadiyah Cabang Medan dengan menggunakan 3 metode : metode secara langsung, tidak langsung, dan kelompok. meliputi berbagai kegiatan baik yang bersifat keagamaan maupun produktif. Kegiatan yang bersifat keagamaan seperti sholat berjamaah, ceramah keagamaan mengikuti kegiatan undangan mengaji. Adapun kegiatan yang bersifat produktif meliputi, berkebun, membuat ketrampilan. Pada dasarnya bimbingan yang diberikan kepada anak asuh agar anak asuh tersebut mau melaksanakan perintah Allah sebagai peningkatan iman dan taqwa. Keberhasilan bimbingan agama tidak terlepas dari unsur-unsur bimbingan agama itu sendiri, salah satu diantaranya adalah unsur materi, karena materi yang diberikan bersumber pada al-Qur'an dan hadits Nabi yang disesuaikan dengan keadaan atau kondisi anak. Materi tersebut meliputi aqidah/keimanan, syari'ah/ibadah, dan akhlak.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.2 Da’wah Islam |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mr Fauzi Ep |
Date Deposited: | 05 Feb 2018 08:41 |
Last Modified: | 18 Jun 2019 07:43 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/3315 |
Actions (login required)
View Item |