Sikap masyarakat kampus (Mahasiswa dan Dosen) tentang kebersihan lingkungan kampus UIN Sumatra Utara

Neliwati, Neliwati (2017) Sikap masyarakat kampus (Mahasiswa dan Dosen) tentang kebersihan lingkungan kampus UIN Sumatra Utara. Lembanga Penelitian Dan Pengabdian pada Masyarakat UIN-SU, Medan.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PENELITIAN FULL.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Sikap Dosen dan Mahasiswa terhadap kebersihan trotoar jalan dan halaman sekitar kampus UIN Sumatera Utara, (2) Sikap dosen dan mahasiswa terhadap kebersihan toilet (kamar mandi) di UIN Sumatera Utara, dan (3) Sikap dosen dan mahasiswa terhadap kebersihan ruangan kelas selama berlangsungnya proses perkuliahan di UIN Sumatera Utara. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, karena peneliti berupaya memahami fenomena sikap masyarakat kampus (mahasiswa dan dosen) tentang kebersihan lingkungan kampus UIN Sumatera Utara melalui gambaran kompleks dan holistik melalui deskripsi-deskripsi rinci tentang berbagai perspektif informan atau partisipan di lokasi tersebut. Peneliti berusaha menggambarkan konteks penelitian secara interaktif, memaparkan berbagai perspektif informan mengenai fenomena, dan secara kontiniu menggali, mencari, dan menganalisis data mengenai fenomena yang diteliti dari pengalaman selama berada di lapangan. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi, wawancara dan pengkajian dokumen. Subjek penelitian ini adalah dosen dan mahasiswa UIN Sumatera Utara yang diambil melalui tehnik purposive sampling. Analisis temuan penelitian ini akan dilakukan sesuai jenis data yang dikumpulkan. Data kualitatif yang diperoleh dari observasi, wawancara, dokumentasi akan dianalisis secara kualitatif. Secara khusus, dalam konteksnya dengan penelitian ini, peneliti mengadaptasi analisa data kualitatif sebagaimana disarankan oleh Mc.Millan dan Schumacher, yaitu: Pertama, Inductive analysis, yakni proses analisis data yang dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah cyclical untuk mengembangkan topik, kategori, dan pola-pola data guna memunculkan sebuah sintesa diskriptif yang lebih abstrak. Kedua,

Jenis Item: Lainnya
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education > 378.1 Organisasi dan aktivitas perguruan tinggi (dosen, staf, mahasiswa, kurikulum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 23 Jan 2018 06:09
Last Modified: 25 Jun 2020 07:55
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/3231

Actions (login required)

View Item View Item