Strategi pemasaran gadai emas pada produk rahn pt.bank Aceh syariah cabang S.Parman

Irwoana, Fany (2018) Strategi pemasaran gadai emas pada produk rahn pt.bank Aceh syariah cabang S.Parman. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
skripsi Fany Irwoana word.pdf - Submitted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “STRATEGI PEMASARAN GADAI EMAS PADA PRODUK RAHN Pada Bank Aceh Syariah Cabang S.Parman”. Produk Gadai merupakan tempat bagi konsumen untuk meminjam uang dengan barang-barang pribadi konsumen sebagai jaminan. Produk Gadai merupakan salah satu alternatif pendanaan sangat efektif karena tidak memerlukan persyaratan yang rumit atau yang tidak dapat menyulitkan nasabah untuk memperoleh dana pinjaman. Konsep syariah ini merupakan pegadaian untuk menghindari rante atau riba. Pegadaian syariah tidak menekankan pada pemberian bunga dari bank yang digadaikan. Meski tanpa bunga, pegadaian syariah tetap memperoleh keuntungan seperti yang sudah diatur oleh Dewan Syariah Nasional, yang memerlukan biaya pemeliharaan dari barang yang digadaikan. Biaya itu dihitung dari nilai barang, bukan dari jumlah pinjaman untuk memasarkan produk tersebut, diperlukan strategi yaitu agar tujuan penjualan produk tersebut dapat berhasil. Berdasarkan analisis data, propes perencanaan strategi produk gadai emas (Rahn) Pada Bank Aceh Syariah Cabang S.Parman yaitu dengan cara: Pertama, pemimpin kantor cabang harus memikirkan strategi promosi yang digunakan. Setelah itu pemimpin kantor cabang memerintahkan kepada petugas gadai untuk melakukan perkenalan produk gadai kepada nasabah dengan cara membuat satu tim untuk melakukan promosi di berbagai tempat. Implementasi promosi produk gadai emas yang dilakukan oleh Bank Aceh Syariah Kantor Cabang S.Parman No.3-3A Medan Baru, yaitu dengan cara menawarkan atau menyebar brosur,door to door, mendatangi toko toko emas dan pasang spanduk. Menawarkan kepada masyarakat menengah kebawah terutama para pedagang, perumahan, pegawai, dan lain sebagainya, dengan strategi produk, strategi harga, strategi distribusi, dan srategi promosi juga ternyata dapat menarik minat nasabah.

Jenis Item: Skripsi (Diploma)
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah D3 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Fauzi Ep
Date Deposited: 23 Jan 2018 06:09
Last Modified: 24 Jun 2019 08:40
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/3221

Actions (login required)

View Item View Item