Upaya meningkatkan akhlakul karimah anak usia 5-6 tahun melalui metode pembiasaan dan media audio visual di Ra Haefa Madani Binjai t.a 2016/2017

Yuliandira, Eka Rizky (2018) Upaya meningkatkan akhlakul karimah anak usia 5-6 tahun melalui metode pembiasaan dan media audio visual di Ra Haefa Madani Binjai t.a 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi.pdf - Submitted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Akhlak anak sangat perlu perhatian khusus baik dari pihak orang tua maupun guru sebagai pendidik, hal ini dikarenakan akhlak merupakan salah satu bagian yang teramat penting dari diri anak yang perlu ditingkatkan. Dengan anak memilki akhlak yang baik akan menjadikan anak memiliki pribadi yang islami yang sesuai dengan usia anak. Salah satu cara untuk meningkatkan akhlakul karimah anak yaitu dengan menggunakan metode pembiasaan menggunakan media audio visual. Hal ini dikarenakan metode pembiasaan merupakan cara yang lebih efektif. Metode ini dilakukan dengan cara membiasakan hal-hal yang baik kepada anak hingga anak terbiasa melakukanya serta menjadi kebiasaan yang baik bagi anak yang akan membentuk pribadi yang islami Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan akhlakul karimah anak usia 5-6 tahun melalui metode pembiasaan dengan menggunakan media audio visual. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Objek penelitian ini adalah meningkatkan akhlakul karimah anak usia 5-6 tahun di RA HaeFa MADANI Binjai T.A 2016/2017. Subjek penelitian adalah anak kelas B yang berjumlah 14 orang. Sebelum melakukan tindakan terlebih dahulu melakukan observasi untuk mengetahui akhlak anak. Proses penelitian dilakukan 2 siklus. Pengumpulan data melalui lembar observasi dan dokumentasi. Hasil analisa setelah diberikan tindakan I yaitu metode pembiasaan dengan menggunakan media audio visual, dari hasil observasi 14 anak memiliki kriteria akhlak belum berkembang 1 orang anak (7.1%), anak yang memiliki kriteria akhlak mulai berkembang sebanyak 10 orang anak (71.4%), anak yang memiliki kriteria akhlak berkembang sesuai harapan sebanyak 4 orang anak (28.5%), sedangkan yang memiliki kriteria belum berkembang 0 . Namun persentase klasikal belum di peroleh. Pada siklus II terjadi peningkatan yang signifikan, anak yang memiliki kriteria peningkatan mulai berkembang sebanyak 2 orang anak (14.2%), anak yang memiliki kriteria peningkatan berkembang sesuai harapan sebanyak 9 orang (64.2%) dan yang memiliki kriteria peningkatan berkembang sangat baik sebanyak 3 orang anak (21.4%).

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Pengguna yang mendeposit: Mr Fauzi Ep
Date Deposited: 18 Jan 2018 02:09
Last Modified: 18 Jan 2018 02:09
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/3211

Actions (login required)

View Item View Item