Pengaruh pendekatan saintifik pada mata pelajaran fikih terhadap minat belajar siswa kelas viii di mts negeri 3 Medan

Nawa, Zavid (2018) Pengaruh pendekatan saintifik pada mata pelajaran fikih terhadap minat belajar siswa kelas viii di mts negeri 3 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSIZAVID.pdf - Submitted Version

Download (983kB) | Preview

Abstract

Bersamaan dengan penerapan kurikulum 2013, pemerintah mewajibkan pendekatan yang harus diterapkan di sekolah-sekolah yang menerapkan kurikulum 2013 yaitu pendekatan saintifik atau ilmiah. Hal ini sesuai dengan Permendikbud nomor 65 tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah telah mengisyaratkan tentang perlunya proses pembelajaran yang dipandu dengan pendekatan kaidah-kaidah pendekatan saintifik/ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik pada mata pelajaran Fikih terhadap minat belajar siswa kelas VIII di MTs Negeri 3 Medan. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Untuk mendapatkan data yang diteliti peneliti mengambil data dari populasi kelas VIII yang berjumlah 233 siswa dengan sampel berjumlah 45 siswa. Adapun metode yang digunakan adalah Angket kemudian hasilnya dianalisis dengan product moment. Dari hasil analisis diketahui pengaruh pendekatan saintifik terhadap mutu pembelajaran Fiqih terdapat hubungan yang sedang, korelasi diperoleh rxy 0,460> 0,301. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa adanya hubungan positif dan tergolong dalam kategori memiliki pengaruh yang sedang antara variabel pendekatan saintifik (X) terhadap minat belajar pada siswa kelas VIII (Y).

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Fauzi Ep
Date Deposited: 15 Jan 2018 03:22
Last Modified: 26 Jun 2019 06:31
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/3208

Actions (login required)

View Item View Item