Pengaruh kualitas pelayanan, harga dan fasilitas terhadap kepuasan pasien pada klinik dokter gigi eka adhayani aksara medan

Nst, Ika Selvia Umayya (2017) Pengaruh kualitas pelayanan, harga dan fasilitas terhadap kepuasan pasien pada klinik dokter gigi eka adhayani aksara medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf - Submitted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh kualitas pelayanan, harga dan fasilitas terhadap kepuasan pasien. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pada variabel bebas yaitu variabel kepuasan pasien dan variabel terikat yaitu kualitas pelayanan, harga dan fasilitas pada Klinik Dokter Gigi Eka Adhayani Medan, masing-masing terdiri dari 4 item pernyataan. Semua pernyataan valid, reliabel dan normal. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien, berdasarkan pengujian yang dilakukan, hasil penelitian ini menunjukkan dengan nilai koefisien 0.471 dapat dilihat bahwa variabel kualitas pelayanan (X1), 0,628 variabel harga (X2) dan -0,185 variabel fasilitas (X3). Jika kualitas pelayanan di tingkatkan sebesar satu poin, maka kepuasan pasien akan bertambah sebesar 47,1%, setiap kenaikan tingkat harga sebesar satu poin maka kepuasan pasien akan mengalami penurunan sebesar 62,8% dan fasilitas tidak berpengaruh terhadap kepuasan pasien ditunjukkan nilai sebesar -18,5%, tanda negatif menunjukkan bahwa semakin tinggi/berkualitas fasilitas yang dimiliki oleh Klinik Gigi Eka Adhayani belum tentu memiliki dampak yang positif atau baik bagi pasien itu sendiri untuk kembali berobat. Jadi semakin baik kualitas pelayanan, harga dan fasilitas maka semakin meningkat juga kepuasan pasien pada Klinik Dokter Gigi Eka Adhayani Medan. Kualitas pelayanan (X1), harga (X2) dan fasilitas (X3) yang memiliki hubungan yang kuat terhadap kepuasan pasien dapat dilihat pada nilai R Square sebesar 0,612, yang menunjukkan bahwa variabel independen yang terdiri kualitas pelayanan, harga dan fasilitas dapat dijelaskan dengan kepuasan pasien sebesar 61,2% mampu menjelaskan variabel dependen yaitu Kepuasan pasien (Y) sedangkan sisanya sebesar 38,8% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kualitas pelayanan, dan harga berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pasien pada Klinik Dokter Gigi Eka Adhayani Medan, sedangkan fasilitas tidak berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Harga, Fasilitas dan Kepuasan Pasien.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Fauzi Ep
Date Deposited: 12 Jan 2018 07:28
Last Modified: 24 Jun 2019 06:58
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/3189

Actions (login required)

View Item View Item