Herwinsyah, Mr (2017) Pesan-pesan akhlak dalam buku terjemahan ihya ulumiddin karya Imam Al-Ghazali. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
HERWINSYAH.pdf - Submitted Version Download (841kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pesan-pesan akhlak yang terdapat dalam buku terjemahan Ihya Ulumiddin karya Imam Al-Ghazali jilid 6. Secara khusus, untuk mengetahui pesan akhlak Mahmudah dan pesan akhlak Madzmumah terhadap Allah dan terhadap sesama Manusia dalam buku terjemahan Ihya Ulumiddin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kepustakaan dalam bentuk analisis isi. Untuk pengumpulan data digunakan teknik Library Research (Penelian Pustaka) dengan teknik lembar koding (Coding Sheet). Kemudian, teknik dalam menganalisis data yang digunakan adalah analisa deskriptif yang menguraikan secara terperinci terhadap permasalahan yang dibahas. Hasil dari penelitian yang telah peneliti lakukan, dari buku terjemahan Ihya Ulumiddin jilid 6 yang dijadikan sebagai sampel penelitian menunjukkan bahwa pesan akhlak Mahmudah yang terdapat dalam buku terjemahan Ihya Ulumiddin terdapat 30% atau 3 pesan akhlak Mahmudah, yaitu : Qana’ah, Tawadhu yang mengandung pesan akhlak baik terhadap Allah dan Pemurah yang mengandung pesan akhlak Mahmudah terhadap sesama manusia. Sementara itu untuk akhlak Madzmumah yang terdapat di buku terjemahan Ihya Ulumiddin mencapai 70% atau 7 pesan akhlak Madzmumah, yaitu : Rakus, Tamak, Riya, Ujub yang mengandung pesan akhlak Madzmumah terhadap Allah dan kikir, sombong, takabur, yang mengandung pesan akhlak Madzmumah terhadap sesama manusia.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.2 Da’wah Islam |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mr Fauzi Ep |
Date Deposited: | 10 Jan 2018 03:32 |
Last Modified: | 18 Jun 2019 08:00 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/3167 |
Actions (login required)
View Item |