Etika bisnis islam perspektif muhammad djakfar

Afrizal, Rahmat (2017) Etika bisnis islam perspektif muhammad djakfar. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Rahmat Afrizal.pdf - Submitted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Etika bisnis dewasa ini sangat diharapkan keberadaannya dalam aktivitas bisnis. Sementara Islam sejak lama telah menyerukan urgensi etika bagi aktivitas bisnis. Kemudian tokoh-tokoh Muslim mulai mengkonstruk pandangannya tentang etika bisnis Islam, seperti Al-Ghazali, Yusuf Qardhawi dan Mustaq Ahmad yang mendasari pemikirannya dengan pendekatan normatif. Di Indonesia, tokoh yang banyak membahas masalah etika bisnis Islam adalah Muhammad Djakfar. Profesor ekonomi Islam UIN Maliki Malang ini sudah banyak menerbitkan buku seputar etika bisnis Islam. Tercatat, tesis dan disertasi beliau berkaitan dengan perilaku etika bisnis para pedagang etnis Madura dan Minangkabau. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana etika bisnis Islam dalam perspektif Muhammad Djakfar. Adapun tujuan penilitian ini adalah untuk mengetahui etika bisnis Islam dalam perspektif Muhammad Djakfar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini juga termasuk ke dalam penelitian bibliografis. Dilihat dari tempatnya penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research), karena yang menjadi sumber data adalah buku-buku atau dokumen yang berkaitan dengan pokok masalah yang dibahas. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah historis filosofis. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi yaitu mengumpulkan data-data tertulis dari sumber data primer dan sekunder. Teknik analisis yang digunakan adalah content analysis atau menganalisis isi dari data-data yang didapat. Etika bisnis Islam perspektif Muhammad Djakfar merupakan perpaduan norma-norma etika yang berbasiskan Al-Qur’an dan Hadits dengan ajaran kearifan lokal yang sarat dengan nilai-nilai kebajikan yang harus dijadikan acuan oleh siapapun dalam aktivitas bisnisnya. Di dasari oleh prinsip-prinsip etika bisnis yang meliputi: jujur dalam takaran, menjual barang berkualitas, dilarang bersumpah, ramah dan bermurah hati, membangun hubungan baik dengan siapa pun, tertib administrasi dan menetapkan harga yang transparan. Hal yang membedakan etika bisnis Islam dalam perspektif Djakfar dengan tokoh-tokoh lain yaitu pandangan Djakfar tidak hanyak dilandasi oleh perspektif normatif tetapi juga dipengaruhi oleh pemahamannya terhadap nilai-nilai kearifan lokal dari hasil penelitian yang dilakukannya terhadap pedagang etnis Madura dan Minangkabau di Kota Malang. Kata Kunci : Etika Bisnis Islam, Ajaran Wahyu, Kearifan Lokal

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Fauzi Ep
Date Deposited: 05 Jan 2018 08:10
Last Modified: 24 Jun 2019 04:36
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/3146

Actions (login required)

View Item View Item