Pengaruh kreativitas guru dalam mengajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di madrasah tsanawiyah negeri tanjung morawa

Suharianti, Mrs (2017) Pengaruh kreativitas guru dalam mengajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di madrasah tsanawiyah negeri tanjung morawa. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SUHARIANTI, 31131273.pdf - Submitted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas guru dalam mengajar di MTs. Negeri Tanjung Morawa. Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs. Negeri Tanjung Morawa. Dan bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara kreativitas guru dalam mengajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs. Negeri Tanjung Morawa. Adapun jenis penelitian ini dengan menggunakan penelitian kuantitatif. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kreativitas guru dalam mengajar (X) sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa (Y). Sampel dalam penelitian ini berjumlah 33 siswa. Instrumen pengumpulan datanya menggunakan observasi, angket dan nilai MID Semester. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif yang ditabelkan secara sistematis dengan menggunakan teknik korelasi product moment. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kreativitas Guru dalam Mengajar di MTs. Negeri Tanjung Morawa termasuk dalam kategori sangat baik, dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebesar 84,09. (2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudyaan Islam di MTs. Negeri Tanjung Morawa termasuk dalam kategori sangat baik juga dengan nilai rata-rata 83,18. (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kedisiplinan belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudyaan Islam di MTs. Negeri Tanjung Morawa. Hal ini dapat dilihat dari perolehan nilai r hitung >r tabel = 0,484 > 0,355 pada taraf signifikansi 95% atau α = 0,05 dan n-2 = 31 (33-2). Nilai koefisien korelasi ini jika diinterpretasikan pada nilai interpretasi koefisien korelasi dapat dikategorikan “cukup kuat” tingkat pengaruhnya.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Fauzi Ep
Date Deposited: 20 Dec 2017 03:52
Last Modified: 09 Jul 2019 08:16
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/3110

Actions (login required)

View Item View Item