Nst, Rezki Hidayati (2017) Penerapan layanan bimbingan kelompok mengatasi perilaku bullying siswa kelas vii di mts yayasan perguruan madinatussalam percut sei tuan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
skripsi.pdf - Submitted Version Download (691kB) | Preview |
Abstract
Bullying merupakan sebuah hasrat untuk menyakiti, hasrat ini diperlihatkan dalam aksi,menyebabkan orang menderita.aksi ini dilakukan secara langsung oleh seseorang atau sekelompok yang lebih kuat dan tidak bertanggung jawab, biasanya berulang dan dilakukan dengan perasaan senang.pelaksanaan bimbingan kelompok di MTs YP.Madinatussalam percut sei tuan adalah memberikan informasi,bimbingan dan arahan yang diperlukan peserta didik agar memiliki sikap sosial yang memadai terkhususnya tidak memiliki perilaku bullying terhadap teman satu kelasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku bullying yang dimiliki peserta didik, untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dalam mengatasi perilaku bullying siswa dan bagaimana penerapan layanan bimbingan kelompok mengatasi perilaku bullying siswa di MTs YP.Madinatussalam percut sei tuan. Skripsi ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yaitu menggambarkan bagaimana dan apa-apa saja penerapan layanan kelompok mengatsi perilaku bullying sisiwa,data diperoleh dari sumber data primer yitu guru pembimbing,kepala sekolah dan siswa MTs YP Madinatussalam percut sei tuan, adapun pemilihan informan yang diperoleh dari data-data yang diberikan guru pembimbing dan hasil observasi yang dilakukan peneliti,tehnik yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara,observasi dan dokumentasi yang berbentuk foto-foto, untuk menguji keabsahan data digunakan tehnik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku bullying yang dimiliki siswa kelas VII MTs YP.Madinatussalam percut sei tuan sebagaian besar suka mengejek, menindas yang lemah, memukul, dan mengambil barang-barang milik temannya. Pelaksanaan bimbingan kelompok mengatasi perilaku bullying siswa dengan cara metode diskusi dan membahas topik yang diberikan guru pembimbing dan penerepan layanan bimbingan kelompok mengatasi perilaku bullying siswa yaitu dengan memberikan layanan bimbingan kelompok dengan topic tugas yaitu topik yang berasal dari guru pembimbingyakni tentang mengatasi perilaku bullying terhadap orang lain.memberikan layanan sesuai dengan kebutuhan peserta didik/konseli yaitu dalam hal mengatasi bullying, dengan memberikan topik-topik yang berkenaan dengan cara mengatasi bullying, meminimalisir bullying, cara pencengan bullying dan memberikan contoh-contoh orang yang tidak memiliki perilaku bullying terhadap orang lain
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.2 Da’wah Islam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mr Fauzi Ep |
Date Deposited: | 14 Dec 2017 02:39 |
Last Modified: | 26 Jun 2019 02:48 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/3044 |
Actions (login required)
View Item |