Pengaruh model contextual teaching and learning terhadap kemampuan berpikir kreatif pada materi ajar kubus dan balok kelas viii mts. swasta al-washliyah medan tahun ajaran 2016/2017

Rahmi, Dinny (2017) Pengaruh model contextual teaching and learning terhadap kemampuan berpikir kreatif pada materi ajar kubus dan balok kelas viii mts. swasta al-washliyah medan tahun ajaran 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
PDF.pdf - Submitted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Contextual Teaching And Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelas VIII MTs. Swasta Al-Washliyah Medan tahun ajaran 2016/2017 pada materi pokok bangun ruang yaitu kubus dan balok. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasai exsperimen. Populasi adalah seluruh siswa kelas VIII MTs. Swasta Al-Washliyah Medan. Penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling sejumlah dua kelas yaitu kelas VIII-A yang terdiri dari 44 siswa dan VIII-B yang terdiri dari 42 siswa. Teknik pengumpulan data dengan instrumen tes. Tes yang digunakan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematika siswa adalah dengan menggunakan tes berbentuk uraian. Hasil penelitian pada pretest kelas eksperimen diperoleh bahwa kemampuan berpikir kreatif matematika siswa masih tergolong rendah dengan nilai rata-rata sebesar 31,14 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata sebesar 27,74. Hasil analisis data pada posttest kelas eksperimen diperoleh bahwa kemampuan berpikir kreatif matematika siswa meningkat dengan nilai rata-rata sebesar 75,91, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata sebesar 59,40. Berdasarkan uji t yang dilakukan, diperoleh yaitu thitung > ttabel yakni 3,710 > 2,021 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan model Contextual Teaching And Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika. Dari hasil di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Contextual Teaching And Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelas VIII MTs. Swasta Al-Washliyah Medan pada materi pokok bangun ruang yaitu kubus dan balok.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Pengguna yang mendeposit: Mr Fauzi Ep
Date Deposited: 05 Dec 2017 02:20
Last Modified: 05 Dec 2017 02:20
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/3019

Actions (login required)

View Item View Item