Pengaruh lokasi dan harga terhadap keputusan pedagang menyewa kios (study kasus perusahaan daerah pusat pasar sidikalang)

Berutu, Firman (2017) Pengaruh lokasi dan harga terhadap keputusan pedagang menyewa kios (study kasus perusahaan daerah pusat pasar sidikalang). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Firman Berutu Skripsi PDF.pdf - Submitted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perusahaan Daerah Sidikalang berdiri pada tahun 2008 dimana diresmikan pada tahun 2010. PD Pusat Sidikalang sendiri memiliki 5 blok yaitu A,B,C,D dan E, namun hingga saat ini kios yang di sedikan masih ada yang kosong dibeberapa blok yang ada. Penelitian ini dilakukan di PD Pusat Pasar Sidikalang, adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh lokasi dan harga dalam pengambilan keputusan untuk menyewa kios. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yaitu suatu metode pemecahan masalah dengan cara menguraikan, menafsirkan dan menganalisa data sehingga menemukan tujuan pembahasan secara efektif. Juga menggunakan analisis kuantitatif yaitu menggunakan uji validitas, uji realibilitas, uji normalitas, uji heterokedesitas. Adapun yang menjadi populasi adalah pedagang sebanyak 921 orang dan sampel yang diambil adalah 90 orang. Adapun hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel bebas dengan variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 2,219 dengan signifikansi sebesar 5%. Nilai ttabel untuk jumlah data sebesar 90 (n) dan variabel bebas (k) sebanyak 3 dengan taraf signifikan 5% maka diperoleh nilai ttabel sebesar 1,987. Kemudian kita membandingkan, jika thitung > dari pada ttabel maka variabel tersebut dinyatakan signifikan. Karena thitung untuk variabel X1 (2,219) lebih besar dari ttabel (1,987) maka keputusannya Ha diterima, artinya bahwa variabel lokasi bepengaruh signifikan terhadap keputusan menyewa. Variabel harga juga menunjukkan ilai thitung sebesar 2,350 dengan signifikansi sebesar 5%. Nilai ttabel untuk jumlah data sebesar 90 (n) dan variabel bebas (k) sebanyak 3 dengan taraf signifikan 5% maka diperoleh nilai ttabel sebesar 1,987. Kemudian kita membandingkan, jika thitung > dari pada ttabel maka variabel tersebut dinyatakan signifikan. Karena thitung untuk variabel X1 (2,350) lebih besar dari ttabel (1,987) maka keputusannya Ha diterima, artinya bahwa variabel harga bepengaruh signifikan terhadap keputusan menyewa. Dengan demikian bisa diambil kesimpulan bahwasanya faktor lokasi memiliki persentase yang lebih besar diantara variabel yang ada yaitu sebesar 22% namun faktor lokasi juga memiliki persentase sebesar 21% sehingga antara lokasi dan harga memiliki pengaruh yang cukup signifikan dalam pertimbangan pedagang untuk menyewa kios.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.3 Ekonomi
Pengguna yang mendeposit: Mr Fauzi Ep
Date Deposited: 30 Nov 2017 08:35
Last Modified: 30 Nov 2017 08:35
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/2990

Actions (login required)

View Item View Item