Pangihutan, Pangihutan (2014) Pelaksanaan supervisi akademik oleh pengawas PAI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan agama islam (PAI) di Mtsn 2 Medan. Masters thesis, Pascasarjana UIN-SU.
|
Text
Tesis Pangihutan.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Dalam melaksanakan tugas, para guru tidak terlepas dari kesulitan dalam pencapaian tujuan yang telah ditetapkan oleh sekolah. Karena itu, dibutuhkan peran pengawas guna membantu guru membuat rencana pembelajaran, dan proses belajar mengajar. Program yang dapat diselenggarakan dalam rangka pemberdayaan guru adalah supervisi akademik. Supervisi akademik adalah serangkaian kegiatan membantu guru mengembangkan kemampuannya mengelola proses pembelajaran demi pencapaian tujuan akademik. Supervisi akademik inilah yang dilakukan MTsN 2 Medan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI. Dalam kaitan itu, maka penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi supervisi akademik PAI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di MTsN 2 Medan. Penelitian ini didesain dalam bentuk penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang diperoleh dipaparkan dengan secara terperinci sesuai dengan tujuan penelitian. Teknik pengumpulan data dari lapangan dilakukan melalui observasi, wawancara langsung dengan pengawas PAI MTsN 2 Medan, Kepala Madrasah dan guru yang ditetapkan sebagai informan dengan teknik purposif. Data juga dikumpulkan dari dokumentasi yang dimiliki MTsN 2 Medan. Hasil penelitian ada tiga temuan yaitu (1) perencanaan supervisi akademik PAI dilakukan pada awal semester dengan terlebih dahulu memusyawarahkannya dengan kepala madrasah dan guru. Rencana supervisi akademik PAI yang telah dimusyawarahkan secara bersama-sama, kemudian disusun dalam program yang disusun sebagai acuan pelaksanaan supervisi; (2) pelaksanaan supervisi akademik PAI di MTsN 2 Medan mengacu kepada panduan tugas jabatan fungsional pengawas PAI Departemen Agama. Supervisi dilakukan dengan teknik supervisi individu dan supervisi kelompok. Teknik supervisi individual adalah supervisi yang diberikan kepada guru tertentu yang mempunyai masalah khusus dan sifatnya perorangan. Teknik-teknik supervisi individual meliputi kunjungan kelas, observasi kelas, pertemuan individual, kunjungan antar kelas, dan menilai diri sendiri. Sedangkan teknik kelompok adalah teknik supervisi yang ditujukan pada dua orang guru atau lebih. Teknik supervisi kelompok meliputi rapat, MGMP, kepanitiaan; (3) Evaluasi pelaksanaan supervisi akademik PAI dilakukan pengawas PAI dalam rangka melihat sisi kekurangan dan kelebihan supervisi yang selama ini dilakukan. Hasil-hasil evaluasi tersebut dijadikan sebagai bahan untuk perbaikan dan pembenahan pelaksanaan supervisi PAI pada supervisi berikutnya. Evaluasi supervisi PAI dilakukan bersama-sama antara pengawas PAI dengan pihak sekolah A. KATA PENGANTAR بسم الله الرحمن الرحيم Syukur Alhamdulillah penulis sampaikan ke hadirat Allah SWT, yang telah memberikan rahmatnya sehingga penulisan tesis berjudul Pelaksanaan Supervisi Akademik oleh Pengawas dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTSN 2 Medan dapat diselesaikan. Setelah penulis mengikuti perkuliahan selama 3 (tiga) Semester di Program Studi Pendidikan Islam Pascasarjana IAIN Sumatera Utara Medan, kini saatnya untuk menyelesaikan perkuliahan tersebut. Penulis menyadari bahwa tesis ini tidak dapat diselesaikan tanpa bantuan moril maupun materil dari berbagai pihak. Untuk itu dalam kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya kepada 1. Bapak Prof. Dr. Nawir Yuslem, MA selaku Direktur Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Sumatera Utara Medan, dan Bapak Prof. Dr. A. Mukti, MA selaku Ketua Program Studi Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Sumatera Utara Medan, sekaligus sebagai Pembimbing I yang telah memberikan waktu, fikiran, bimbingan serta bantuan yang tak ternilai bagi penulis. 2. Terima kasih yang sebesar besarnya kepada Bapak Prof. Dr. Syafaruddin M.Pd, selaku Pembimbing II yang banyak memberikan motivasi kepada penulis dalam melakukan penelitian kualitatif, dengan semangat dan rasa tanggung jawab yang tulus dan ikhlas, telah banyak meluangkan waktu, tenaga dan pemikiran dalam membimbing dan mengarahkan penulis hingga selesainya tesis ini. 3. Terima kasih yang sebesar besarnya kepada Bapak Prof Dr. Katimim. M.Ag dan Ibu Asnil Aidah Ritonga, MA pengelola Beasiswa, para Dosen serta seluruh Staf Administrasi dan petugas Perpustakaan yang tidak bisa penulis sebutkan satu persatu yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan perkuliahan dan tesis ini, dan seluruh rekan Mahasiswa Beasiswa S2 Guru Pendidikan Agama Islam/ Pengawas yang banyak memberikan dorongan, semangat dan membantu penulis dalam perkuliahan. 4. Secara khususnya saya ucapkan terima kasih yang tidak terhingga kepada kedua orang tua penulis, kepada isteri penulis tercinta serta anak anak penulis tercinta, yang telah memberi dukungan sehingga penulis bisa menyelesaikan perkuliahan dan Tesis ini dengan baik Atas keterbatasan kemampuan penulis dalam penelitian dan penyelesaian tesis ini, penulis harapkan kepada seluruh pembaca untuk memberikan kritik dan saran sehat demi kesempurnaan hasil penelitian ini. Semoga penelitian ini memberi manfaat bagi kita semua. Amin
Jenis Item: | Skripsi (Masters) |
---|---|
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam |
Pengguna yang mendeposit: | Mr. Imran Benawi |
Date Deposited: | 21 Nov 2017 02:36 |
Last Modified: | 21 Nov 2017 02:36 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/2964 |
Actions (login required)
View Item |