Implementasi manajemen berbasis Madrasah Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Medan

Nirmansyah, Nirmansyah (2012) Implementasi manajemen berbasis Madrasah Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Medan. Masters thesis, Pascasarjana UIN-SU.

[img]
Preview
Text
tesis Nirmansyah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitianinitermasukkedalampenelitiankualitatif.FokuspenelitianadalahuntukmenggambarkanpenerapanManajemenBerbasis Madrasah di MTsN2 Medan,meliputi:perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasandanevaluasi. Sumber data adalahinformankunci (key informan), yaituKepalaMTs Negeri2 Medan, WakilKepala Madrasah dan guru sertapegawaiMTs Negeri 2 Medan.Tekhnikpengumpulan datadilakukanmelalui 3 (tiga) tahap, yaitu; proses memasukilokasipenelitian (getting in), ketikaberada di lokasipenelitian (getting along) dantahappengumpulan data (logging the data). Teknikpengumpulan data yaitu: observasi, wawancaramendalamdandokumentasi.Di dalammelakukananalisis data penelitimengacukepadatahapan yang dijelaskan Miles danHuberman, sebagaimanadikutipSukmadinata, yang terdiridaritigatahapanyaitu: reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) danpenarikankesimpulanatauverifikasi (conclusion drawing/verivication), biasadikenaldengan model analisisinteraktif. Untukmemperkuatkesahihan data hasiltemuan, penelitimengacukepadapenggunaanstandarkeabsahan data yang terdiridari: credibility, transperability, dependabilitydancomfirmability. Berdasarkanhasilpenelitian yang telahdilakukan,perencanaanadapadasetiaptingkatpengambilkebijakan, mulaidariKepala Madrasah, Kepala Tata Usaha, WakilKepala Madrasah, KepalaLaboratorium, KepalaPerpustakaan, walikelasdangurubidangstudi.Perencanaanditulisdandisampaikankepadapihak yang berwenangsehinggasemuaperencanaanterkoordinasidenganbaik.PengorganisasianManajemenBerbasis Madrasah disesuaikandenganperencanaan yang telahdisusun.Pengorganisasiandilakukanuntukpembagiantugasdanmenentukanpihak yang berwenangsertabertanggungjawabterhadapsebuahtugas.Organ yang melaksanakantugastersebutadalahKepala Madrasah, Komite Madrasah, Kepala Tata Usaha, WakilKepala Madrasah BidangKurikulum, WakilKepala Madrasah BidangSaranadanPrasarana, WakilKepala Madrasah BidangKesiswaan, WakilKepala Madrasah BidangHubunganMasyarakat, KoordinatorBidangLingkunganHidupdan Tata Ruang, BimbinganKonseling, WaliKelas, KepalaPerpustakaan, Guru, Pengelola UKS, PengelolaLaboratorium, PetugasPiket, BendaharaRutin, Bendahara BOS, danPegawai. PelaksanaanManajemenBerbasis Madrasah di MTsN 2 adalahsudahbaik.Hal initerlihatbagaimanaMTsN2 bisamelakukantugasmulaidariperencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasandanevaluasidenganbaik.PengawasanManajemenBerbasis Madrasah di MTsN 2 Medan padadasarnyasecaralangsungdiawasiolehpengawas madrasah, dansecarastrukturaldiawasiolehMapendadari Kantor Kementerian Agama Kota Medan.EvaluasiManajemenBerbasis Madrasah dilakukansecarabersamapihakterkait, yaituKepala Madrasah, Komite Madrasah, Mapendadanseluruh yang terkaitdenganManajemenBerbasis Madrasah di MTsN 2 Medan.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 08 Nov 2017 03:29
Last Modified: 08 Nov 2017 03:29
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/2889

Actions (login required)

View Item View Item