Implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam pada anak berkebutuhan khusus di Sekolah Alam Medan

Zaini, Raudho (2013) Implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam pada anak berkebutuhan khusus di Sekolah Alam Medan. Masters thesis, Pascasarjana UIN-SU.

[img]
Preview
Text
Tesis Raudho Zaini.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana proses pembelajaran pendidikan agama Islam pada anak autis apakah ada perbedaannya dengan membelajarkan pendidikan agama Islam pada anak normal. Di dalam penelitian ini akan dilihat bagaimana implementasi pendidikan agama Islam di Sekolah Alam Medan mulai dari tujuan, kurikulum, metode, evaluasi yang diterapkan dan kendala yang dihadapi dalam mengajarkan pendidikan agama Islam pada anak autis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif karna data yang disajikan dalam bentuk naratif deskriptif dan tidak menggunakan prosedur statistik dan kuantifikasi. Adapun sumber informasi dari penelitian ini adalah kepada kepala sekolah, guru bidang studi pendidikan agama Islam, administrasi dan orang tua murid. Sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara melakukan observasi dan wawancara dan pengkajian dokumen. Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisis data Spradley yaitu analisis data yang dilakukan bersamaan dengan proses pengumpulan data yang terdiri dari analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponensial dan analisis tema. Temuan dalam penelitian ada lima yaitu : 1. Tujuan pendidikan Islam di Sekolah Alam adalah supaya para siswa mengenal Tuhannya yang mana konsep ketuhanan tersebut direalisasikan dengan beribadah sehari-hari. 2. Kurikulum yang digunakan di sekolah Alam adalah kurikulum nasional yang dikombinasikan dengan kurikulum yang di desain sendiri oleh pihak sekolah. 3. Metode yang biasa digunakan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah Alam adalah metode demonstrasi dan metode pembelajaran prilaku seperti pembentukan dan pemodelan. 4. Teknik evaluasi yang dilakukan di Sekolah Alam melalui teknik tes dan non tes. 5. Kendala yang dihadapi oleh guru dalam membelajarkan pendidikan agama Islam pada anak autis adalah karna gangguan autis yang berbeda-beda pada anak sehingga guru harus tahu betul tentang kondisi setiap anak supaya materi yang disampaikan dapat diserap oleh semua anak dan kurangnya partisipasi dari orangtua.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 31 Oct 2017 01:32
Last Modified: 31 Oct 2017 01:32
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/2807

Actions (login required)

View Item View Item