Bukti Pengaruh Psikologi Santri dalam Menghapal Al-Quran di Pondok Pesantren Tahfizh Al-Quran Azharul Muniroh, Serdang Bedagai

Fawwaz, Sabila Aghnia and Nasution, Hasan Bakti (2024) Bukti Pengaruh Psikologi Santri dalam Menghapal Al-Quran di Pondok Pesantren Tahfizh Al-Quran Azharul Muniroh, Serdang Bedagai. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 18 (4). pp. 2660-2677. ISSN 2621-0681

Full text not available from this repository.

Abstract

Keuatamaan ayat hīrzi dilingkungan Pondok Pesantren membawa implikasi dan pengaruh psikologi para santri, terutama di pondok pesantren yang secara khusus dalam mempelajari dan menghapal al-Quran fokus terhadap santri yang mengamalkan dan tidak mengamalkan ayat hīrzi. Menjawab pertanyaan diatas apakah dalam mengamalkan ayat hīrzi memberikan pengaruh psikolgi terhadap kualitas pembelajaran dan menghapal Al-Quran. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan terjun langsung kelapangan untuk mengamati dan mencatat praktik pengamalan ayat hīrzi dilingkungan Pondok Pesantren Tahfidz Al-Azharul Muniroh (PTAM), Serdang Bedagai. Penilitian melibatkan diri secara langsung dengan ikut mondok untuk memberikan sumber yang valid dan faktual dari para santri yang mengamalkan dan tidak mengamalkan ayat hīrzi dilingkungan Pondok Tahfidz. Penelitian ini memberikan bukti bahwa praktik pengamalan ayat hīrzi di PTAM menunjukan pengaruh Psikologi negatif dan positif terhadap kualitas mempelajari dan menghapal al-Quran, dan sekaligus memberikan bukti bahwa praktik pengamalan ayat hīrzi di lingkungan Pondok Tahfidz. Penelitian ini juga memberikan sumbangan keilmuan yang bisa diterapkan di pondok pesantren lainnya.

Jenis Item: Artikel
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Psikologi, Ayat Hīrzi, Menghapal Al-Quran, Pondok Pesantren
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
2X1 AL QURAN DAN ILMU TERKAIT
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 10 Oct 2025 02:31
Last Modified: 10 Oct 2025 02:31
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/26035

Actions (login required)

View Item View Item