Mathematical Creative Thinking Process Of Mts Islamic Boarding School Darul Ihsan Students In Solving Social Arithmetic Problems

Fitri, Dahniar (2025) Mathematical Creative Thinking Process Of Mts Islamic Boarding School Darul Ihsan Students In Solving Social Arithmetic Problems. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 9 (1). pp. 210-228. ISSN P-ISSN: 2579-9827, E-ISSN: 2580-2216

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran matematika merupakan salah satu pembelajaran yang mengarah pada pemecahan masalah sehingga diperlukan berpikir kreatif, berpikir kreatif merupakan suatu hal yang sangat penting untuk dimiliki oleh siswa terutama dalam proses pembelajaran. Proses berpikir dalam kegiatan pembelajaran merupakan cara yang baik untuk melihat bagaimana cara siswa berfikir. Guru harus mampu mengenali dan membina proses berpikir kreatif siswanya agar dapat menghasilkan pemikiran kreatif matematika. Aritmatika sosial dipilih sebagai materi dalam penelitian ini karena aritmatika sosial bersifat terbuka yang memungkinkan siswa menemukan beberapa solusi dan bentuk soal dapat dihubungkan dalam dunia nyata sehingga dapat terbentuk proses kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir kreatif matematika dalam menyelesaikan masalah aritmatika sosial pada siswa kelas VIII MTs Pondok Pesantren Darul Ihsan Modern. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, sumber data yang digunakan adalah hasil tes berpikir kreatif, pedoman wawancara dan dokumentasi. Peneliti menggunakan tiga subjek yang diambil dari dua kelas yaitu VIII-A dan VIII-B yang dipilih berdasarkan tingkat kemampuannya yaitu kemampuan tinggi, sedang dan rendah. Berdasarkan hasil tes berpikir kreatif pada materi aritmatika sosial dan wawancara, hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa berkemampuan tinggi mampu memenuhi semua indikator tahapan berpikir kreatif teori Wallas. Siswa berkemampuan sedang mampu melewati tahapan berpikir kreatif Wallas, tetapi terhambat pada tahap verifikasi. Siswa berkemampuan rendah tidak dapat memenuhi indikator proses berpikir teoritis Wallas, karena terkendala pada tahap persiapan, iluminasi, dan verifikasi.

Jenis Item: Artikel
Uncontrolled Keywords: mathematic, thought process; creative thinking process; social arithmetic.
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 513 Arithmetic
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 07 Oct 2025 08:11
Last Modified: 07 Oct 2025 08:11
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/26017

Actions (login required)

View Item View Item