Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun

Putri, Azriasih (2024) Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Aulad : Journal on Early Childhood, 7 (2). pp. 364-373. ISSN 2655-433X

[img] Text
12+Azriasih+364-373_(2).pdf

Download (580kB)

Abstract

Penelitian ini berfokus untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial anak, dikarenakan anak mengalami kesulitan dalam perkembangan sosialnya yang dilatarbelakangi oleh anak menggantikan teman bermainnya dengan gadget serta dapat membantu orangtua dan pendidik membuat keputusan yang baik mengenai batasan penggunaan gadget untuk mendukung perkembangan sosial anak. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan ialah pendekatan kuantitatif korelasional. Peneliti menggunakan data skunder pada sumber data penelitian ini, dikarenakan guru dan orang tua sebagai sumber data nya. Sampel pada penelitian ini sebanyak 20 siswa.Instrumen pengumpulan data yang digunakan ialah observasi,dokumentasi dan angket. Adapun analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas data, uji homogenitas data, uji hipotesis data. hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaa gadget terhadap perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun.

Jenis Item: Artikel
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 12 Feb 2025 01:46
Last Modified: 12 Feb 2025 01:46
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/25374

Actions (login required)

View Item View Item