The Effect of Gamification Strategies on Mathematics Learning Outcomes is Reviewed Based on Self-Efficacy

Jurani, Jurani and Nuh, Muhammad (2025) The Effect of Gamification Strategies on Mathematics Learning Outcomes is Reviewed Based on Self-Efficacy. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 9 (1). 30 -48. ISSN P-ISSN: 2579-9827, E-ISSN: 2580-2216

[img] Text
Artikel 5 Jurani dan Nuh.pdf

Download (397kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan interaksi antara strategi gamifikasi dengan tingkat efikasi diri terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode eksperimen semu dengan rancangan analisis varians dua jalur (anava dua jalur). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII di MTs Al-Ittihadiyah dan sampel penelitian terdiri dari siswa kelas VIII-1 dan kelas VIII-2 yang dipilih dengan teknik Cluster Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi gamifikasi berbantuan Kahoot lebih efektif meningkatkan hasil belajar siswa (rata-rata 96,67) dibandingkan PowerPoint (76,33). Siswa dengan efikasi diri tinggi mencapai hasil tertinggi pada strategi Kahoot (110,56), sementara siswa dengan efikasi diri rendah memperoleh hasil terendah pada kedua strategi (Kahoot: 64,00; PowerPoint: 61,82). Analisis varians dua jalur mengonfirmasi pengaruh signifikan strategi pembelajaran, efikasi diri, dan interaksi keduanya terhadap hasil belajar (R² = 0,940), dengan model mampu menjelaskan 94% variabilitas hasil belajar siswa. Simpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi gamifikasi berbantuan Kahoot lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, terutama bagi siswa dengan efikasi diri tinggi dan sedang. Namun, bagi siswa dengan efikasi diri rendah, strategi gamifikasi berbantuan PowerPoint memberikan hasil belajar yang lebih baik. Efikasi diri memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar, dan terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan tingkat efikasi diri, yang mempengaruhi efektivitas pembelajaran.

Jenis Item: Artikel
Uncontrolled Keywords: Efikasi Diri, Hasil Belajar Matematika, Kahoot, Powerpoint, Strategi Samifikasi
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Habiba Nur Maulida
Date Deposited: 10 Feb 2025 14:49
Last Modified: 10 Feb 2025 14:49
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/25323

Actions (login required)

View Item View Item