Pendidikan Agama Islam dan Pencegahan Pergaulan Bebas di SMP Swasta Bandung

Aulaz, Ibnu (2024) Pendidikan Agama Islam dan Pencegahan Pergaulan Bebas di SMP Swasta Bandung. Instructional Development Journal (IDJ). ISSN 2657-1536

[img] Text
13_Artikel_Jurnal_Yang_Telah_Terbit.pdf

Download (330kB)

Abstract

Pergaulan bebas merupakan salah satu bentuk perilaku menyimpang dari norma agama dan sosial yang sering dihadapi disetiap jenjang lembaga pendidikan. Namun, pada kenyatannya masih terdapat banyak guru yang belum bisa memberikan upaya dalam mencegah pergaulan bebas tersebut. Maka, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji upaya guru PAI dalam mencegah pergaulan bebas, tepatnya di SMP Swasta Bandung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik yang digunakan dalam penelitian adalah teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan: reduksi data, visualisasi data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa guru PAI sudah memberikan upaya-upaya untuk mencegah para siswa terjerumus kedalam pergaulan bebas. Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menanggulangi permasalahan tersebut yaitu dengan melakukan pendekatan individual dan bekerja sama dengan pengajar dan konselor, memberikan arahan tentang pentingnya kehidupan yang damai dalam kehidupan sehari-hari, tidak berperang satu sama lain dengan menanamkan empati dan keragaman sosial, memberikan sanksi bagi siswa yang merokok, bolos dan yang berkelahi. Selain itu, upaya seperti sholat berjamaah, mengaji dan menulis Al-Qur`an serta saling menghormati satu sama lain selalu dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Jenis Item: Artikel
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 10 Feb 2025 07:54
Last Modified: 11 Feb 2025 05:07
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/25248

Actions (login required)

View Item View Item