Strategi Pengembangan Bisnis Kopi Sipirok Berdasarkan Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Usaha Batu Kopi Sipirok Desa Situmba Kabupaten Tapanuli Selatan)

Harahap, Hilman Fauzi (2024) Strategi Pengembangan Bisnis Kopi Sipirok Berdasarkan Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Usaha Batu Kopi Sipirok Desa Situmba Kabupaten Tapanuli Selatan). JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan), 8 (2).

[img] Text
Hilman+Fauzi+Harahap+jpek.pdf

Download (411kB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada analisis SWOT usaha batu kopi sipirok di Desa Situmba Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan. Penelitian ini menggunakan metodologi jenis penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif . Data primer dari pemilik usaha kopi digunakan untuk penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi usaha batu kopi sipirok di Desa Situmba. Hasil penelitian menunjukkan Skor yang didapat pada matriks IFAS sebesar 3,87 Sedangkan Skor dari Matriks EFAS sebesar 4,07 .Nilai tersebut menunjukkan bahwa usaha batu kopi sipirok berada pada kuadran II, yang artinya skor tersebut menunjukan bahwa usaha batu kopi sipirok yang ada di Desa Situmba Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan pada Analisis SWOT yang disusun dari faktor internal dan eksternal menghasilkan strategi ST yaitu memanfaatkan kekuatan yang ada untuk mengatasi anacaman yang ada. Yaitu mempertahankan kualitas hasil produksi kopi agar tidak kalah saing dengan pengusaha kopi yang lainnya, menjaga kualitas kopi agar konsumen tidak beralih ketempat lain, dan yang terakhir memanfaatkan tenaga penyuluh pertanian untuk merawat tanaman kopi yang ada di Desa Situmba.

Jenis Item: Artikel
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 07 Feb 2025 04:37
Last Modified: 07 Feb 2025 04:37
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/25039

Actions (login required)

View Item View Item