Pengembangan Permainan Monopoli Berbasis Papan Ilmu Pengetahuan Mata Pelajaran IPS pada siswa kelas V di SDN 101751 Desa Klambir lima Kecamatan Hamparan Perak, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara.

Nugraha, Aditya (2024) Pengembangan Permainan Monopoli Berbasis Papan Ilmu Pengetahuan Mata Pelajaran IPS pada siswa kelas V di SDN 101751 Desa Klambir lima Kecamatan Hamparan Perak, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara. Diploma thesis, UIN Sumatera Utara.

[img] Text
COVER_SKRIPSI_ADITYA_NUGRAHA_,0306201003,_PGMI-1.pdf

Download (557kB)
[img] Text
BAB_I_SKRIPSI_ADITYA_NUGRAHA_,0306201003,_PGMI-1.pdf

Download (95kB)
[img] Text
BAB_II_SKRIPSI_ADITYA_NUGRAHA_,0306201003,_PGMI-1.pdf

Download (748kB)
[img] Text
BAB_III_SKRIPSI_ADITYA_NUGRAHA_,0306201003,_PGMI-1.pdf

Download (458kB)
[img] Text
BAB_IV_SKRIPSI_ADITYA_NUGRAHA_,0306201003,_PGMI-1.pdf

Download (850kB)
[img] Text
BAB_V_SKRIPSI_ADITYA_NUGRAHA_,0306201003,_PGMI-1.pdf

Download (147kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_SKRIPSI_ADITYA_NUGRAHA_,0306201003,_PGMI-1-dikompresi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan permainan monopoli berbasis papan ilmu pengetahuan pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) untuk siswa kelas 5 sekolah dasar. Permainan monopoli ini dirancang sebagai media pembelajaran inovatif yang mampu meningkatkan minat belajar, keterlibatan aktif pada siswa, meningkatkan motivasi belajar, partisipasi aktif, serta pemahaman siswa terhadap materi IPS. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dan dengan model pengembangan 4D Yaitu Define, Design,Develop,dan Disseminate yang melibatkan tahap analisis kebutuhan, perancangan produk, validasi ahli, uji coba produk, dan evaluasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Berdasarkan hasil Kelayakan rata-rata penilaian validator ahli materi, ahli media dan respon guru menunjukkan bahwa Media pengembangan permainan monopoli berbasis papan ilmu pengetahuan mata pelajaran IPS yang telah dikembangkan dengan nilai persentase rata-rata 94,625% sehingga masuk kedalam kategori layak digunakan. 2) Berdasarkan hasil rata – rata kepraktisan suatu media , maka peserta didik memberikan respon yang sangat positif terhadap media pengembangan permainan monopoli berbasis papan ilmu pengetahuan mata pelajaran IPS yang dikembangkan, Menunjukkan hasil keseluruhan persentase yang diperoleh dari penyebaran angket respon peserta didik kelas V SDN 101751 Klambir V Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli serdang dengan nilai rata ratanya adalah 90% dengan kategori sangat praktis. 3) Berdasarkan hasil Keefektifan rata-rata Pre – test dan Post –test melalui skala likert menunjukkan bahwa Media pengembangan permainan monopoli berbasis papan ilmu pengetahuan mata pelajaran IPS yang telah dikembangkan masuk kedalam kategori Efektif, dengan nilai persentase rata-rata 90,68 %. Maka dapat disimpulkan bahwa media pengembangan permainan monopoli berbasis papan ilmu pengetahuan mata pelajaran IPS Pada siswa kelas V di SDN 101751 Desa Klambir Lima Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara sangat efektif sehingga layak digunakan didalam proses pembelajaran.

Jenis Item: Skripsi (Diploma)
Subjects: 700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 793 Indoor games and amusements
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 07 Feb 2025 04:06
Last Modified: 07 Feb 2025 04:06
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/25014

Actions (login required)

View Item View Item