Fitrahyani, Rizka Metode Modelling the Way Dampaknya terhadap Prestasi Belajar Fikih Siswa. INDONESIAN JOURNAL OF INSTRUCTION.
![]() |
Text
Artikel_Jurnal_yang_Telah_Terbit.pdf Download (360kB) |
Abstract
Prestasi belajar adalah suatu skor yang didapatkan peserta didik ketika sudah melalui proses pembelajaran dengan jangka waktu tertentu. Fakta di lapangan bahwa prestasi belajar peserta didik di MTs 2 PAB Sampali memanglah rendah hal itu disebabkan metode yang guru Fikih terapkan masih monoton. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk memberikan informasi mengenai dampak metode Modelling the Way dalam mata pelajaran Fikih terhadap peningkatan prestasi belajar siswa kelas VII di MTs PAB 2 Sampali. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ialah penelitian kuantitatif yaitu eksperimen semu atau quasi experimental dan desain penelitiannya ialah pretest-posttest control group design. Adapun dalam menentukan sampel penelitian dilakukan dengan teknik simple random sampling yaitu 60 siswa {siswa dari kelas VII-2 (eksperimen) dan siswa dari kelas VII-3 (kontrol)}. Teknik analisis data pada penelitian ialah dengan analisis statistik inferensial. Analisis tersebut dilakukan untuk menguji hipotesis dengan menggunakan uji T (T-test). Hasil analisis data dengan menggunakan uji T (T-test) didapatkan hasil t hitung > t tabel (2,118 > 2,001) dan juga menghasilkan nilai Sig. (2-tailed) < 0,05 (0,038 < 0,05), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dari hasil tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan dari prestasi belajar fikih siswa yang diajar menggunakan metode Modelling the Way dengan yang diajar menggunakan metode konvensional. Oleh karena itu, hasil penelitian ialah terdapat dampak metode Modelling the Way dalam mata pelajaran Fikih terhadap peningkatan prestasi belajar siswa kelas VII di MTs PAB 2 Sampali.
Jenis Item: | Artikel |
---|---|
Subjects: | 2X4 FIQH |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 05 Feb 2025 01:56 |
Last Modified: | 05 Feb 2025 01:56 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24535 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |