Hubungan Komunikasi Interpersonal Guru Bimbingan dan Konseling dengan Self Efficacy Peserta Didik

Ujung, Nursholihat (2024) Hubungan Komunikasi Interpersonal Guru Bimbingan dan Konseling dengan Self Efficacy Peserta Didik. JAPKP: Jurnal Administrasi Pendidikan & Konseling Pendidikan, 5 (2).

[img] Text
32172-93792-1-PB.pdf

Download (484kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara komunikasi interpersonal guru bimbingan dan konseling dengan self-efficacy peserta didik di MTs N 2 Medan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain korelasi. Sampel penelitian terdiri dari 192 siswa yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala komunikasi interpersonal dan skala self-efficacy. Data dikumpulkan dan dianalisis menggunakan SPSS versi 23 untuk Windows, dengan analisis korelasi Pearson untuk mengukur hubungan antara variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal guru bimbingan dan konseling berada pada kategori sedang dengan rata-rata persentase 74,6%, sedangkan self-efficacy peserta didik juga berada pada kategori sedang dengan rata-rata persentase 72,84%. Analisis data mengungkapkan adanya hubungan positif dan signifikan antara komunikasi interpersonal guru bimbingan dan konseling dengan self-efficacy, dengan nilai r sebesar 0,710 dan Sig. 0,000 (p < 0,05). Ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara komunikasi interpersonal dan self-efficacy. Semakin tinggi kualitas komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling, semakin tinggi tingkat self-efficacy peserta didik, dan sebaliknya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa komunikasi interpersonal yang efektif berkontribusi pada peningkatan self-efficacy peserta didik. Implikasi praktis dari temuan ini menunjukkan pentingnya peningkatan kualitas komunikasi antara guru bimbingan dan konseling dengan peserta didik untuk mendukung pengembangan self-efficacy mereka.

Jenis Item: Artikel
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Mental processes and intelligence
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 03 Feb 2025 02:06
Last Modified: 03 Feb 2025 02:06
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24376

Actions (login required)

View Item View Item