Strategy Analysis Using the Business Model Canvas Method (Case Study: Hendy's Bakery in Tembung)

Siregar, Nurul Haliza (2024) Strategy Analysis Using the Business Model Canvas Method (Case Study: Hendy's Bakery in Tembung). Jurnal Manajemen Bisnis, 11 (1).

[img] Text
Nurul+Haliza+Siregar+536-546.pdf

Download (652kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Business Model Canvas dari Hendys Bakery yang terdiri dari sembilan elemen: segmen pelanggan, proposisi nilai, saluran distribusi, hubungan dengan pelanggan, aliran pendapatan, sumber daya utama, aktivitas utama, mitra utama, dan struktur biaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan teknik wawancara semistruktural. Analisis menunjukkan bahwa segmen pelanggan Hendys Bakery meliputi individu dari segala usia, termasuk wisatawan yang berkunjung ke objek wisata di Kabupaten Deli Serdang dan Kota Medan. Proposisi nilai mencakup produk berkualitas dengan rasa yang lezat dan segar (roti dan kue), kemasan menarik, harga terjangkau, dan beragam lebih dari delapan jenis produk. Hubungan dengan pelanggan dibangun melalui komunikasi yang efektif, proses pemesanan yang mudah, diskon untuk pembelian secara besar-besaran, dan kemasan yang aman untuk transaksi online. Saluran distribusi meliputi promosi online dan penjualan melalui media sosial, penjualan langsung, kerja sama dengan supermarket besar, dan partisipasi dalam acara atau bazar. Sumber pendapatan utama untuk Hendys Bakery berasal dari penjualan langsung dan penjualan melalui toko hadiah, minimarket, atau supermarket di Tembung. Sumber daya utama meliputi fasilitas produksi, peralatan, bahan baku kue berkualitas tinggi, dan kemasan yang menarik. Aktivitas utama melibatkan proses manufaktur produk yang beragam dan penjualan langsung. Mitra utama bagi Hendys Bakery meliputi pemasok bahan baku (produsen tepung, mentega, gula), pemerintah daerah, lembaga keuangan, supermarket/minimarket, dan toko hadiah. Untuk meningkatkan model bisnisnya, Hendys Bakery perlu fokus untuk meningkatkan hubungan dengan pelanggan, saluran distribusi, aliran pendapatan, sumber daya utama, aktivitas utama, mitra utama, dan struktur biaya. Namun, elemen segmen pelanggan dan proposisi nilai memerlukan pemeliharaan daripada perbaikan.

Jenis Item: Artikel
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 640 Home economics and family living > 642 Meals and table service
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 31 Jan 2025 03:09
Last Modified: 31 Jan 2025 03:09
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24289

Actions (login required)

View Item View Item