The Impact of Cognitive Defusion Techniques in Group Counseling to Boost Self-Confidence in Madrasah Aliyah Students Medan

Dewi, Apriana (2024) The Impact of Cognitive Defusion Techniques in Group Counseling to Boost Self-Confidence in Madrasah Aliyah Students Medan. Tarbiyah wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran.

[img] Text
Artikel_Apriana_Dewi.pdf

Download (341kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana layanan konseling kelompok yang menggunakan teknik cognitive defusion mempengaruhi kepercayaan diri siswa. Penelitian ini menggunakan desain praeksperimental dengan format one-group pre-test-post-test. Penelitian ini melibatkan delapan siswa X MAS Plus Al-Ulum Medan yang memiliki harga diri rendah hingga sangat buruk. Data dikumpulkan melalui kuesioner. Wilcoxon Signed-Rank Test digunakan untuk menilai tingkat kepercayaan diri sebelum dan sesudah konseling kelompok dengan menggunakan teknik cognitive defusion. Penelitian menemukan bahwa rasa percaya diri siswa meningkat setelah mendapat teknik konseling cognitive defusion. Kita dapat menyimpulkan bahwa layanan konseling kelompok yang menerapkan prosedur gangguan kognitif meningkatkan harga diri siswa.

Jenis Item: Artikel
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 30 Jan 2025 06:23
Last Modified: 30 Jan 2025 06:23
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24191

Actions (login required)

View Item View Item