Mardianto, Mardianto and Noor, Umar Muhammad and Pramita, Sindi (2024) Laporan Penelitian : Program Ikatan Imam Malaysia (IMAMA) dalam Pembelajaran dan Pendidikan Al-Qur'an (Studi Interpretative Phenomenology Analysis di Indonesia dan Malaysia). Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatera Utara, Medan. (Submitted)
![]() |
Text
MARDIANTO ET AL, PENELITIAN INTERNASIONAL KOLABORASI 2024 (1).pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena penelitian yang yang sudah dilakukan tidak secara signifikan berkontribusi pada kajian IPA terkait program IMAMA dalam pembelajaran dan pendidikan Al-Qur’an. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dan kontribusi program IMAMA dalam pembelajaran dan Pendidikan Al-Quran di Indonesia dan Malaysia. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan Interpretative Phenomenology Analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Ikatan Imam Malaysia (IMAMA) menyusun rencana strategis komprehensif untuk memperkuat pembelajaran dan pendidikan Al-Quran di Indonesia yang mencakup pelatihan imam, pengembangan kapasitas imam, serta kolaborasi dengan pemangku kepentingan daerah. Di Malaysia, IMAMA merancang program berbasis komunitas yang bertujuan meningkatkan kompetensi pembacaan dan pemahaman Al-Quran yang mencakup program mentoring, kampanye kesadaran, serta pengembangan pusat pembelajaran AlQuran di masjid-masjid setempat. 2). Pelaksanaan program IMAMA tercatat dalam 3 prinsip besar yaitu: pengembangan kurikulum informal yang memadukan pembelajaran Al-Quran dengan pembangunan keadaban. IMAMA memberikan pelatihan intensif bagi Ustadz untuk meningkatkan kompetensi mengajar Al-Quran yang mencakup metode pengajaran inovatif, manajemen kelas, dan pengembangan materi pembelajaran yang menarik, serta program IMAMA melibatkan masyarakat sekitar dalam proses pembelajaran dan pendidikan Al-Quran. Termasuk menggerakkan dukungan orang tua, mengadakan acara keagamaan, dan membangun kemitraan dengan masjid dan organisasi Islam lainnya. 3). Evaluasi program IMAMA dalam pembelajaran dan pendidikan Al-Quran di Indonesia dan Malaysia berfokus pada aspek perencanaan, pelaksanaan, dan dampak program. Program IMAMA telah memberikan kontribusi positif bagi pembelajaran dan pendidikan Al-Qur’an, seperti peningkatan kompetensi pembimbing, metode mengajar yang lebih efektif, dan peningkatan pemahaman santri. Namun demikian, masih terdapat tantangan yang perlu diatasi, seperti pemerataan akses program dan kolaborasi yang lebih erat antara IMAMA dengan pemangku kepentingan terkait.
Jenis Item: | Lainnya |
---|---|
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren |
Divisions: | Laporan Penelitian (Research Report) |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Habiba Nur Maulida |
Date Deposited: | 24 Jan 2025 08:57 |
Last Modified: | 24 Jan 2025 08:57 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24074 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |