Implementasi Pendekatan Saintifik (K13) pada Pembelajaran Fikih di Yayasan Perguruan Islam Azizi

Apriza, Dipa and Sitorus, Khairun Nisa and Ardana, Rafli and Arlina, Arlina (2025) Implementasi Pendekatan Saintifik (K13) pada Pembelajaran Fikih di Yayasan Perguruan Islam Azizi. Tsaqofah: Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 5 (1). pp. 1143-1156. ISSN p-ISSN : 2810-0395 e-ISSN : 2810-0042

[img] Text
1. IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK (K13) 22 jan 2025 GOOGLE.pdf

Download (304kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendekatan saintifik (K13) pada pembelajaran fikih di Yayasan Perguruan Islam Azizi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan penelitian lapangan dan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sementara itu, teknik analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi data, penyajian data serta verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Adapun teknik keabsahan data mengadopsi model interaktif (Miles dan Hubermen). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Yayasan Perguruan Islam Azizi masih menggunakan kurikulum 2013. Berdasarkan pengamatan dan wawancara, Guru fikih di Yayasan Perguruan Islam Azizi telah mengimplementasikan pendekatan saintifik pada proses pembelajaran. Dengan menerapkan langkah-langkah saintifik seperti mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar dan mengkomunikasikan. Pendekatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa dalam memahami materi fikih serta membangun kemampuan berpikir kritis dan analisis. Dengan demikian, implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran fikih memiliki potensi besar untuk diterapkan secara berkelanjutan guna meningkatkan kualitas pendidikan Islam.

Jenis Item: Artikel
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Saintifik, Fikih
Subjects: 2X4 FIQH
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Habiba Nur Maulida
Date Deposited: 24 Jan 2025 03:12
Last Modified: 24 Jan 2025 03:12
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/23965

Actions (login required)

View Item View Item