Harahap, Inun Suryani (2024) Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Pada Restoran Menggunakan Logika Fuzzy Tsukamoto. Journal of Information System Research (JOSH).
Text
5683-Article_Text-21830-1-10-20240803.pdf Download (1MB) |
Abstract
Metode logika fuzzy Tsukamoto digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan di Restoran Mixue. Latar belakang penelitian ini adalah betapa pentingnya memahami dan meningkatkan kepuasan pelanggan dalam industri restoran yang sangat kompetitif. Mixue menarik perhatian banyak orang, terutama pelajar dan mahasiswa, sebagai salah satu restoran yang menawarkan minuman kekinian dengan harga terjangkau. Mixue Jamin Ginting, Medan, kuesioner dibagikan kepada 100 orang untuk melakukan penelitian ini. Variabel yang dianalisis adalah kualitas pelayanan, lokasi, harga, dan fasilitas. Dengan menggunakan metode Fuzzy Tsukamoto, nilai kepuasan konsumen dalam himpunan fuzzy seperti "sangat puas", "puas", dan "tidak puas" dibuat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh fasilitas yang lengkap, harga yang murah, lokasi yang strategis, dan pelayanan yang ramah. Studi ini meningkatkan pemahaman manajemen Mixue tentang harapan dan kebutuhan konsumen serta pengembangan ilmu pengetahuan dalam penerapan logika fuzzy pada analisis kepuasan konsumen. Metode fuzzy Tsukamoto memungkinkan analisis yang lebih mendalam tentang preferensi dan persepsi konsumen, dan membantu dalam pembuatan strategi perbaikan yang tepat untuk meningkatkan kepuasan konsumen Mixue. Dalam penelitian untuk menentukan tingkat kepuasan konsumen di Mixue Tuntungan Deli Serdang dengan menggunakan teknik fuzzy tsukamoto, ditemukan nilai numerik pada variabel fasilitas sebesar 71, variabel harga sebesar 61, fasilitas kualitas layanan 58 dan variabel lokasi sebesar 52.
Jenis Item: | Artikel |
---|---|
Subjects: | 000 Generalities > 005 Computer programming, programs, data |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Ilmu Komputer |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 23 Jan 2025 08:06 |
Last Modified: | 23 Jan 2025 08:06 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/23879 |
Actions (login required)
View Item |