Strategi Komunikasi Keluarga Pada Anak Toxic Relations Broken Home Dalam Membentuk Karakter Sosial

Syahrin Sagala, Alpi Strategi Komunikasi Keluarga Pada Anak Toxic Relations Broken Home Dalam Membentuk Karakter Sosial. Jounal of Social Science and Education.

[img] Text
Sapta_Wahyu_Pratama_Vol__04,_No__01,_2024.pdf

Download (767kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat sebuah keluarga, terutama orang tua, memiliki pengaruh penting dalam membentuk karakter anak, terutama ketika perkembangan karakter dimulai sejak usia dini. Dalam hal ini karakter yang dimaksud ialah dibentuknya karakter peduli, tanggung jawab atau bahkan pada karakter yang cakupannya lebih luas seperti karakter sosial. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode fenomenologi dengan teori self-disclosure untuk meneliti strategi komunikasi keluarga dalam menghadapi toxic relationship pada keluarga broken home dan dampak broken home pada toxic relationship parenting terhadap perkembangan anak. Konflik menyebabkan ketidakharmonisan keluarga, sedangkan hubungan yang beracun dan pola asuh yang buruk menyiratkan pola asuh yang buruk. Hasil penelitian ini menemukan bahwa anak-anak dari keluarga broken home memiliki harga diri yang lebih rendah, masalah pengambilan keputusan, rasa bersalah, dan masalah kesehatan mental. Dalam hal ini temuan mengenai strategi komunikasi keluarga menyoroti komunikasi interpersonal dan pemahaman mengenai praktik pengasuhan yang sehat dan peran orang tua dalam pertumbuhan anak. Komunikasi keluarga broken home menggunakan ponsel dan media sosial, jarang berbicara satu sama lain. Bahkan untuk masalah-masalah tertentu, orang tua harus bertemu. Tidak ada kesulitan komunikasi dengan masyarakat, hanya ada hambatan psikologis karena rasa malu pada keluarga broken home saat bersosialisasi dan membentuk karakter sosial pada anak keluarga brokenhome. Pendidikan orang tua, psikoterapi, dan pendidikan pengasuhan anak merupakan saran. Langkah-langkah ini dapat mencegah hubungan yang beracun dan membantu anak-anak yang secara psikologis rusak

Jenis Item: Artikel
Subjects: 000 Generalities > 020 Library and information sciences
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 22 Jan 2025 08:55
Last Modified: 22 Jan 2025 08:55
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/23734

Actions (login required)

View Item View Item