Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Hasil Penjualan Produk Studi Kasus PT. Nazar Paint Cabang Cat Kiloan Sibolga

Sapriannur Hutagalung, Annisa Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Hasil Penjualan Produk Studi Kasus PT. Nazar Paint Cabang Cat Kiloan Sibolga. Jurnal Ilmu pemerintahan dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
Jurnal_Annisa_Sapriannur_Hutagalung_.pdf

Download (249kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisa permasalahan yang timbul akibat dari kurang efektifnya strategi komunikasi pemasaran yang digunakan dengan teknik analisis SWOT dan teori 4 P Mix Marketing, serta membantu dalam mencari solusi apa yang menyebabkan hasil penjualan produk lebih rendah dibandingkan dengan yang ada di Pulau Jawa. Maka metode pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis, dengan prosedur pengumpulan data antara lain wawancara, observasi lapangan yang meliputi informan sebagai sumber informasi mengenai pemasaran cat tembok kiloan Nazar Paint, dan pencatatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi Pemasaran yang telah dirancang sedemikian rupa kurang dapat meningkatkan hasil penjualan produk karena strategi pemasaran yang digunakan belum dilaksanakan secara sistematis. Selanjutnya, pemanfaatan media komunikasi juga belum optimal dilakukan oleh Agen Distributor Nazar Paint. Cabang Sibolga belum sepenuhnya memanfaatkan media sosial dan media digital lainnya yang dapat menjangkau khalayak yang lebih luas dan beragam, sehingga perlu adanya Strategi Pemasaran yang harus ditambahkan ke dalam daftar perencanaan strategi pemasaran Nazar Paint Sibolga adalah menggunakan media baru berupa media sosial dan terkait dengan kurangnya kreatifitas dalam strategi pemasaran yang diterapkan, dalam hal ini agen harus mampu menciptakan inovasi yang akan menjadi kunci untuk menarik minat konsumen. Misalnya dengan memanfaatkan fitur-fitur iklan yang unik atau berbeda yang dapat membedakan Nazar Paint dengan para pesaingnya, seperti Pemanfaatan boneka angin di depan usaha sebagai salah satu daya tarik bagi konsumen untuk berkunjung ke Nazar Paint Cabang Kiloan Sibolga. Kata kunci: Bauran Pemasaran 4P; Strategi Komunikasi Pemasaran; Analisis Swot

Jenis Item: Artikel
Subjects: 300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Komunikasi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 21 Jan 2025 06:55
Last Modified: 21 Jan 2025 06:55
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/23554

Actions (login required)

View Item View Item