Nitami, Silvi Duwi (2024) Penerapan Konseling Kelompok dengan Pendekatan Cognitive Behavioral Therapy untuk Menurunkan Kecemasan Berbicara Didepan Kelas Pada Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 9 (1).
Text
ARTIKEL_SILVI_DUWI_NITAMI_.pdf Download (262kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran konseling kelompok menggunakan CBT dalam menurunkan kecemasan berbicara di depan kelas pada siswa SMP N 1 Talawi. Desain penelitian ini adalah desain kuasi eksperimen dengan rencangan non-equivalent control group design. Sebanyak 59 siswa kelas VIII-E dan VIII-F SMP N 1 Talawi sebagai populasi. Sampel sebanyak 14 siswa dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian terhadap 14 siswa tersebut, 14 siswa dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok eksperimen berjumlah 7 siswa dan kelompok kontrol berjumlah 7 siswa. Dilakukan Uji Independent menggunakan software SPSS 27 untuk menganalisis data. Berdasarkan hasil analisis data, terdapat 7 siswa pada kelompok eksperimen dan 7 siswa pada kelompok kontrol yang mengalami kecemasan berbicara cukup tinggi. Kemudian kelompok eksperimen melakukan konseling kelompok kepada 7 siswa dan mengambil post-test pada kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata perbedaan kecemasan kelompok eksperimen 89,2 dalam ketegori tinggi dan menurun 75 dalam ketegori rendah. Hal ini sesuai dengan hasil uji independent yang menunjukkan bahwa angka t [t hitung = 3,757, p > 0.05] sedangkan tabel t [t tabel = 2.570, p <0.05]. Oleh karena itu Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti konseling kelompok melalui cognitive behavioral therapy CBT berpengaruh terhadap kecemasan berbicara siswa SMP N 1 Talawi.
Jenis Item: | Artikel |
---|---|
Subjects: | 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Mental processes and intelligence |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 20 Jan 2025 02:52 |
Last Modified: | 20 Jan 2025 02:52 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/23402 |
Actions (login required)
View Item |